oleh

Bawaslu Bombana Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

-Harapan-1151views

Bombana,HarapanSultra,COM / Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bombana menggelar apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan, dan penghitungan suara pada Pemilihan Umum Tahun 2024, Sabtu (10/2/2024). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan pengawas pemilu se-Kabupaten Bombana, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga tempat pemungutan suara (TPS).

Apel siaga ini bertujuan untuk menyatakan kesiapan pengawas pemilu dalam mengawal demokrasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bombana. Selain itu, apel siaga ini juga merupakan bentuk komitmen pengawas pemilu untuk mengawasi jalannya pemilu sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku.

Hadir dalam apel siaga ini Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si, Ketua Bawaslu Kabupaten Bombana Irpan, SH., M.Kn., serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Apel siaga ini berlangsung di Alun-Alun Eks MTQ Kabupaten Bombana.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bombana berharap agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai, berintegritas, dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa kemajuan bagi bangsa dan daerah. Ia juga mengapresiasi kinerja Bawaslu Kabupaten Bombana yang telah berupaya menjaga keadilan dan keterbukaan dalam proses pemilu.

Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si

“Kolaborasi seluruh elemen bangsa menjadi kunci utama lahirnya Pemilu yang damai dan berintegritas. Saya berharap seluruh jajaran Bawaslu dari Kabupaten hingga PTPS dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan berintegritas. Saya juga menghimbau kepada seluruh peserta pemilu untuk menertibkan alat peraga kampanye secara mandiri,” ujar Edy Suharmanto.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bombana Irpan, SH., M.Kn.menyampaikan bahwa pengawas pemilu harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi pemilu. Ia juga menekankan pentingnya koordinasi antara pengawas pemilu, penyelenggara pemilu, dan stakeholder lainnya dalam mencegah dan menindak pelanggaran pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bombana Irpan, SH., M.Kn.

“Identifikasi setiap potensi pelanggaran pemilu, lakukan pencegahan, dan penindakan sesuai dengan prosedur penanganan pelanggaran pemilu. Dan pastikan keterbukaan informasi publik untuk memberikan kepastian hukum terhadap dugaan pelanggaran yang kita tangani,” tutur Irpan.

Irpan juga mengingatkan kepada pengawas TPS yang menjadi ujung tombak pengawasan untuk hadir di TPS lebih awal dalam kondisi sehat dan siap melaksanakan tugas.

“Pastikan bahwa kebutuhan TPS baik alat kerja pengawasan maupun nutrisi sudah tersedia.” Tandas Irpan.

Apel siaga ini mengusung slogan “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”. Kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan bendera merah putih dan atribut pengawasan kepada pengawas pemilu se-Kabupaten Bombana.

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA