oleh

Edy Suharmanto Ajak Masyarakat Bombana Gunakan Hak Pilih, Logistik Pemilu 2024 Sudah Didistribusikan ke Dua Kecamatan Terjauh

Bombana,HarapanSultra, COM / Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bombana menggelar pelepasan logistik Pemilu tahun 2024 di Gor Kabupaten Bombana, Minggu (11/2).

Acara ini dihadiri oleh Penjabat Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si, Ketua KPU Bombana Hasdin Nompo, S.Sos., MAP,Ketua Bawaslu Kabupaten Bombana Irpan, SH., M.Kn dan sejumlah pejabat lainnya.

Edy Suharmanto melepas secara langsung mobil truk yang membawa logistik Pemilu 2024, yang terdiri dari surat suara, bilik suara, kotak suara, dan perlengkapan lainnya. Logistik ini akan didistribusikan ke seluruh tps di Bombana, sesuai jadwal yang ditetapkan yaitu tanggal 11 sampai 13 Februari 2024. Pendistribusian logistik hari ini dimulai untuk dua kecamatan terjauh di Kabupaten Bombana, yakni Kecamatan Kabaena dan sekitarnya serta Kecamatan Poleang dan sekitarnya. Logistik ini dikawal oleh petugas keamanan dari pihak kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bombana.

“Kita mulai pendistribusian logistik hari ini, karena dua kecamatan ini posisinya paling jauh dari ibu kota. Jadi, setelah logistik selesai, anggota TNI-Polri yang bertugas di tps, ppk, dan Kecamatan juga sudah berangkat,” ujar Edy sesaat setelah pelepasan.

Edy Suharmanto  juga mengimbau masyarakat Bombana yang sudah terdaftar sebagai pemilih untuk menggunakan hak suaranya pada hari pemungutan suara, 14 Februari 2024. Ia menambahkan, bagi mereka yang sudah berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah tetapi belum terdaftar, masih bisa memilih dengan membawa ktp elektronik.

“Harapan saya dan tentunya harapan kita semua, Pemilu ini berjalan dengan baik dan sesuai harapan kita semua. Mari kita bersama-sama menjaga situasi yang kondusif dan damai di Bombana,” tuturnyai.

Sementara itu, Ketua KPU Bombana, Hasdin Nompo, menjelaskan bahwa logistik Pemilu sudah lengkap dan siap didistribusikan ke seluruh tps di Bombana. Ia mengatakan, untuk surat suara, sudah dilakukan mekanisme tiga kali hitung di gudang logistik, yaitu oleh KPU, ppk, dan pps.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana Hasdin Nompo, S.Sos., MAP

“Kemungkinan logistik kurang sangat kecil sekali,” terang Hasdin.

Mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Bombana tersebut juga mengatakan, untuk pendistribusian logistik ke tps yang sulit dijangkau, seperti di daerah pegunungan atau pulau-pulau, akan menggunakan kendaraan roda dua yang dilengkapi rantai dan dikawal oleh petugas TNI-Polri

. “Logistik Pemilu harus sudah sampai di tps pada H-1 atau 13 Februari malam. Kita berharap tidak ada kendala dalam pendistribusian logistik ini, agar Pemilu di Bombana bisa berlangsung lancar dan sukses,” pungkas Hasdin.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA