oleh

Edy Suharmanto dan Forkopimda Panen Cabai, Stabilkan Harga Jelang Lebaran

-Harapan-1123views

Bombana, HarapanSultra, COM / Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto, bersama dengan Forkopimda dan Dinas Pertanian, melakukan panen cabai di Desa Tampabulu, Kecamatan Poleang Utara, Kamis (11/1/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka inflasi, terutama pada komoditas cabai, yang menjadi salah satu bahan pokok masyarakat Bombana.

Panen cabai ini menghasilkan sekitar 4 ton cabai yang akan disalurkan ke pasar lokal maupun luar daerah, dengan harga yang terjangkau dan stabil. Hal ini diharapkan dapat menjaga ketersediaan dan keseimbangan pasokan cabai menjelang periode lebaran.

“Kita harus bersama-sama memastikan bahwa pasokan cabai tetap cukup hingga lebaran, sehingga tidak terjadi fluktuasi harga yang merugikan masyarakat,” ujar Edy Suharmanto.

Edy Suharmanto juga menegaskan agar pasokan cabai tidak keluar dari wilayah Bombana. Maka, langkah preventif dilakukan untuk mencegah terjadinya inflasi harga cabai di Bombana. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan bibit, pupuk, dan alat pertanian kepada kelompok tani yang menanam cabai.

Dinas Pertanian pada acara ini memberikan dukungan nyata dalam upaya mengoptimalkan produksi cabai di Bombana. Selain itu, Dinas Pertanian juga melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada petani cabai, agar dapat menerapkan budidaya yang baik dan benar, sehingga menghasilkan kualitas dan kuantitas yang tinggi.

Menurut data inflasi cabai Bombana saat ini, berada pada angka 0,08 persen, di mana angka tersebut mendekati posisi stabil. Hal ini menunjukkan bahwa upaya pemerintah dan masyarakat dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga cabai telah berhasil.

“Ketersediaan cabai saat ini bisa memenuhi kebutuhan wilayah Bombana, walaupun beberapa komoditas masih butuh suplai dari luar daerah, seperti bawang merah,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Muhammad Siarah.

Panen cabai ini tidak hanya menjadi simbol kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga momentum untuk memperkuat ketahanan pangan di Bombana. Dengan adanya cabai yang melimpah, masyarakat Bombana dapat menikmati hidangan lebaran yang lebih bervariasi dan bergizi.

Pemda Bombana mengharapkan keterlibatan seluruh pihak dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertanian cabai yang berkelanjutan. Dengan demikian, Bombana dapat menjadi daerah yang mandiri, sejahtera, dan berdaya saing.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA