oleh

Kabupaten Bombana Laksanakan Reformasi Birokrasi untuk Peningkatan Kinerja

KENDARI, HarapanSultra, COM /  – Demi upaya meningkatkan kinerja dan efisiensi birokrasi, Kabupaten Bombana melalui Sekretaris Daerah, Drs. Man Arfa, M.Si, yang mewakili Penjabat Bupati Bombana,membuka kegiatan Pendampingan Penjenjangan Kinerja dan Rencana Aksi Reformasi Birokrasi pada Senin, 6 Mei 2024. Acara yang diadakan di Hotel Sahid Azizah Syariah dan Convention Kendari ini dihadiri oleh 200 peserta, termasuk unsur pimpinan daerah, kepala OPD, dan para Camat se-Kabupaten Bombana.

Man Arfa Menjelaskan bahwa Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan pemerintah daerah.

“ Kabupaten Bombana telah berhasil meraih predikat SAKIP “B” dengan nilai 66,49 dan predikat RB “B” dengan nilai 65,09, yang merupakan pencapaian tertinggi di Sulawesi Tenggara.” Katanya.

Mantan Kadis PU Bombana tersebut menekankan bahwa meskipun ini merupakan pencapaian yang membanggakan, masih terdapat ruang untuk peningkatan.

“Ini menjadi tantangan bagi Kabupaten Bombana untuk terus meningkatkan kinerja perangkat daerah dan memaksimalkan pengelolaan anggaran guna mencapai target kinerja tahunan,” ujar Man Arfa.

Kegiatan penjenjangan kinerja ini dilaksanakan berdasarkan rekomendasi hasil evaluasi SAKIP oleh Kemenpan RB. Diharapkan, program ini akan membuat birokrasi di Kabupaten Bombana lebih terarah, responsif terhadap kebutuhan masyarakat, dan mampu menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang.

Pemda Kabupaten Bombana berkomitmen untuk menjadi contoh dalam praktik tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan bertanggung jawab.

“Kita semua menantikan hasil positif yang akan ditunjukkan oleh program reformasi ini dalam waktu dekat,” pungkas Man Arfa.

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA