oleh

 Kabupaten Bombana Memulai Persiapan KLHS untuk Pembangunan Berkelanjutan

Bombana, HarapanSultra,COM /  — Dengan semangat yang tinggi, Drs. Man Arfa, M.Si., Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, membuka acara Kick Off yang menandai dimulainya persiapan penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2025-2029. Acara penting ini berlangsung di Aula Hotel Grand Lampusui, Kelurahan Lampopala, dan menjadi simbol komitmen Bombana terhadap pembangunan yang berkelanjutan dan integratif. 30 April 2024

Dalam sambutannya, Sekda Bombana menekankan bahwa pembangunan yang dilakukan tidak hanya berdampak pada skala lokal, tetapi juga menjadi bagian dari upaya pembangunan yang lebih luas, mencakup aspek regional dan nasional. Beliau menyoroti pentingnya mempertimbangkan aspek lingkungan hidup dan keberlanjutan sumber daya alam sejak awal perencanaan kebijakan, rencana, dan program pembangunan.

“Kita berada di ambang pemilihan kepala daerah, dan penting bagi pemerintah untuk segera menyusun rencana pembangunan jangka menengah. Dokumen RPJMD ini akan menjadi panduan bagi kepala daerah yang baru terpilih untuk menyesuaikan visi dan misi dengan kebutuhan daerah selama lima tahun mendatang,” ujar Man Arfa.

Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2016, pemerintah dan pemerintah daerah diwajibkan untuk menyusun KLHS sebagai fondasi pembangunan wilayah dan kebijakan. Sekda Bombana menegaskan perlunya kajian lingkungan hidup yang sistematis, menyeluruh, dan melibatkan partisipasi masyarakat untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan terintegrasi dengan baik dalam setiap kebijakan, rencana, atau program.

Mantan Kepala Dinas PU, Man Arfa, menganggap KLHS sebagai pendekatan strategis jangka menengah yang esensial dalam pengelolaan lingkungan hidup. Beliau berharap bahwa semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat akan aktif berkontribusi dengan data dan informasi yang diperlukan, sehingga penyusunan KLHS dapat berjalan tepat waktu.

“Dengan kerja sama dan kolaborasi yang intensif antara semua pihak, kita berharap dapat menghasilkan KLHS yang tidak hanya komprehensif tetapi juga efektif, yang akan mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Bombana,” tutup Man Arfa dengan optimisme.

Acara ini menandai langkah awal yang penting bagi Kabupaten Bombana dalam mempersiapkan diri untuk pembangunan yang bertanggung jawab dan berwawasan lingkungan, memastikan bahwa pertumbuhan daerah akan berjalan seiring dengan pelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA