oleh

Kerjasama Strategis TNI dan Pemerintah Kabupaten Bombana untuk Pemilu 2024 yang Aman dan Kondusif

Bombana,HarapanSultra, COM / Komandan Resor Militer (Danrem) 143/Haluoleo, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Ayub Akbar, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Senin (29/1/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan anggota Kodim 1431 Bombana dan menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) bersama Pemerintah Kabupaten Bombana.

NPHD ini merupakan penguatan bagi aparat TNI dalam menciptakan suasana kondusif pada pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah di tahun 2024. Ayub Akbar mengatakan, perjanjian hibah tersebut menjadi tanggung jawab TNI nantinya pada bulan September pada momen pemilihan Gubernur dan pemilihan bupati. Ia juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah Bombana terhadap pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024.

“Kedatangan saya di Bombana ini sekaligus sebagai tugas dan tanggung jawab saya untuk melihat situasi kondisi yang ada di wilayah, sekaligus mengecek kesiapan anggota dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden. Kami juga menekankan kesiapan anggota yang harus paham dengan tugas dan tanggung jawab yang akan dia laksanakan,” ungkap Ayub Akbar usai menandatangani NPHD di aula Tanduale Kantor Bupati Bombana.

Mantan  Komandan Resimen Induk Kodam Jayakarta tersebut,berharap kerjasama yang baik bagi masyarakat di Kabupaten Bombana dan menginginkan situasi aman dan tidak ada gejolak panas menjelang Pemilu.

“Semoga pemilu berjalan lancar, aman, kondusif dan tidak ada gejolak serta sesuai dengan yang kita harapkan. Makanya sekaligus tadi saya mengecek kesiapan anggota termasuk jumlah Tempat Pemungutan Suara, mudah-mudahan semua berjalan dengan baik sesuai harapan kita semua,” pungkas pria  Lulusan Akademi Militer Tahun  1995  dari kecabangan Infanteri.

Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si

Sementara itu, Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto, mengatakan, penandatanganan NPHD itu adalah yang terakhir dari semua pemangku kepentingan penyelenggara, seperti Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, Polisi, dan TNI.

“Semua sudah melakukan perjanjian dengan Pemerintah Daerah Bombana, dan ini sudah yang terakhir. Dana hibah juga sudah ditransfer ke masing-masing teknis, dan untuk TNI akan segera ditransfer dalam pekan ini. Yang jelasnya dana hibah itu diperuntukkan pada pelaksanaan Pilkada,” tutup Edy Suharmanto.

Selain menandatangani NPHD, Ayub Akbar juga hadir dengan agenda yang telah disusun rapi, mulai dari pelaksanaan rangkaian kegiatan di Markas Kodim 1431 Bombana yang meliputi kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Asy Syam, penanaman pohon, dan penyiapan lahan ketahanan pangan.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA