oleh

Menggali Strategi dan Aksi di Bombana untuk Mengatasi Stunting

Bombana,HarapanSultra , COM /  – Demi Upaya yang berkelanjutan untuk memerangi stunting, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bombana, berperan sebagai Sekretariat Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bombana, telah mengadakan pertemuan aksi kedua. Pertemuan ini, yang dipimpin oleh Husrifnah Rahim, S.T., M.Si, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Wakil Ketua TPPS, bertujuan untuk merumuskan rencana kegiatan yang akan mempercepat penurunan angka stunting sesuai dengan target yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 72.Jumat (03/05/2024)

Dihadiri oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan anggota TPPS, forum ini menjadi titik kumpul penting bagi para pemangku kepentingan untuk menyusun strategi yang efektif. Dengan target ambisius untuk menurunkan stunting hingga 14% di akhir tahun 2024, koordinasi antar lembaga pemerintahan menjadi kunci utama.

Husrifnah Rahim menekankan bahwa pertemuan aksi kedua ini adalah kelanjutan dari rekomendasi yang muncul dari analisis situasi pada pertemuan aksi pertama. Diskusi mendalam yang diadakan bertujuan untuk mengidentifikasi masalah utama dan merancang strategi yang efektif untuk mengatasi stunting, yang masih menjadi tantangan besar di Kabupaten Bombana.

“Kami berupaya menemukan solusi inovatif dan terarah yang akan mengatasi masalah stunting secara holistik,” ujar Husrifnah Rahim.

Sementara itu Kepala DPPKB, Drs. H. Abdul Azis, M.Si, yang juga sekretaris TPPS menekankan pentingnya diskusi mendalam untuk mengidentifikasi masalah utama dan strategi efektif dalam menangani stunting.

“Melalui diskusi ini, kami berharap menemukan solusi inovatif dan terarah untuk mengatasi permasalahan stunting secara holistik,” ujarnya.

Diskusi ini juga mencakup pertukaran informasi tentang strategi yang efektif dan program-program yang akan diimplementasikan. Kolaborasi antar sektor dan tingkat pemerintahan dianggap sebagai kunci untuk mengatasi tantangan stunting. Dengan kerja sama yang kuat dan terkoordinasi, diharapkan akan terjadi penurunan signifikan dan berkelanjutan dalam angka stunting, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan generasi masa depan di Kabupaten Bombana.

Pertemuan ini menandai langkah penting dalam komitmen Bombana untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan anak-anaknya, dengan menargetkan masalah stunting yang telah lama menjadi perhatian di Indonesia. Dengan pendekatan yang terstruktur dan kolaboratif, Bombana berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan nasional dalam penurunan stunting.

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA