oleh

Mobil Hias “Kampiri In Bombana Regency”,Besok Akan Menyusuri Kota Solo Di Perayaan HUT Dekranas Ke 44

Bombana,HarapanSultra, COM / – Kota Solo sebagai tuan rumah ,menyambut kilauan perayaan ulang tahun ke-44 Dekranas dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 yang akan berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 Mei 2024 di Jawa Tengah. Dalam perayaan yang penuh dengan keindahan dan kemegahan sejarah Nusantara ini, Kabupaten Bombana, di bawah kepemimpinan Penjabat Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, akan menampilkan keunikan budaya lokal melalui Dekranasda Kabupaten Bombana.

Pada hari Rabu,(Besok ) 15 Mei 2024, sebuah mobil hias yang menggambarkan kemegahan “Kampiri in Bombana Regency” akan berparade, menampilkan rumah khas Kabupaten Bombana yang sarat dengan nilai sejarah dan budaya. Mobil hias ini, yang merupakan salah satu dari tiga perwakilan Sulawesi Tenggara, telah dihiasi dengan detail yang memukau oleh tim kreatif Dekranasda Bombana. Relief khas Bombana dan miniatur bangunan Kampiri akan menghiasi sisi-sisi mobil, menciptakan sebuah karya seni bergerak yang sempurna. Tidak hanya memanjakan mata, mobil hias ini juga akan ditemani oleh penari dan pengiring yang mengenakan kostum tradisional Bombana, membawa suasana kemegahan dan kebesaran Kabupaten Bombana menjadi lebih hidup dan nyata di jalanan Kota Solo.

Ny. Aeni Mutmainnah, S.Pd., MM., selaku Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bombana, menjelaskan bahwa tema “Kampiri in Bombana Regency” merupakan  rumah  khas Kabupaten Bombana yang digunakan sebagai tempat penyimpanan hasil panen.

“ Kampiri dihiasi dengan ornamen yang melambangkan nilai-nilai masyarakat Bombana, seperti tanduk rumah berbentuk kerbau yang melambangkan kerja keras, ukiran gagang parang yang melambangkan kepatuhan, ukiran tombak yang melambangkan patriotisme, ukiran mata keris yang melambangkan keberanian, ukiran burung yang melambangkan penjagaan, serta ragam motif daun dan tumbuhan yang melambangkan keramah-tamahan dan tolong-menolong.” Jelasnya.Selasa,(14/05/2024)

Mobil Hias Dekranasda Kabupaten Bombana dalam tahap Finishing
Mobil Hias Dekranasda Kabupaten Bombana dalam tahap Finishing

Menurut Ny. Aeni, legenda masyarakat Bombana juga akan diwakili dalam mobil hias ini, dengan ciri khas yang menjadi ikon di wilayah tersebut, seperti motif Burisininta (paku-paku) dan Bosu-Bosu (berenda tunggal), serta Jonga yang merupakan rusa dalam bahasa Moronene, hewan yang dulunya mendiami Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

“Selain itu, ada juga ikon Be’u atau Balase, kerajinan tangan tradisional yang tidak hanya menampilkan keindahan tetapi juga berfungsi sebagai alat pemersatu bagi masyarakat, terutama dalam penyelenggaraan adat. Be’u adalah anyaman yang terbuat dari tumbuhan jenis daun resam, dibentuk sesuai keinginan penganyam.” Tuturnya

Bunda PAUD Kabupaten Bombana ini berharap, dengan balutan ornamen tersebut, dapat memakmurkan seluruh masyarakat Kabupaten Bombana dan Indonesia

“Ini adalah penghormatan yang layak bagi warisan nenek moyang, dan komitmen untuk menjaga agar gemerlap masa lalu tetap menginspirasi dan menerangi masa depan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA