oleh

P3MD Busel Siap Berkontribusi Dalam Pencapaian Visi Pembangunan Kabupaten

-Harapan-11.260views

Batauga, HarapanSultra.COM | Kinerja Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Buton Selatan semakin baik.

Bagaimana tidak, setelah mampu melakukan provokasi positif kepada Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah hingga digelarnya rapat sinkronisasi perencanaan Pembangunan tingkat Kabupaten dan Desa pada senin, 26/8/2019 lalu, kini P3MD Busel telah merancang strategi dalam menindaklajuti kesimpulan Rakor yang sebelumnya telah difasilitasi oleh Dinas PMD Kabupaten setempat.

Hal tersebut disampaikan Abady Makmur, salah satu Tenaga Ahli P3MD bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton Selatan, kepada awak media HarapanSultra.COM, Sabtu (31/8/2019).

Menurutnya, strategi yang menjadi Fokus pemikiran Tim P3MD ini, telah disampaikan langsung kepada Bupati Buton Selatan saat berdiskusi dengan Bupati setelah makan siang di Salah satu Rumah Makan di Batauga, Jumat (30/8/2019).

Tenaga Ahli P3MD yang bertanggung jawab terhadap penanganan Masalah Dana Desa, Fasilitasi Pembentukan Regulasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Program P3MD ini memaparkan kepada Bupati bahwa untuk pencapaian visi Pembangunan Kabupaten Buton Selatan yakni Terwujudnya Kabupaten Buton Selatan sebagai pusat pertumbuhan baru melalui optimalisasi sumberdaya lokal menuju Masyarakat yang sejahtera, Mandiri dan bermartabat, maka dipandang penting untuk menyelaraskan Dua sistim Perencanaan Pembangunan yang memiliki dua waktu yang berbeda.

“Kedua Sistim tersebut yaitu Perencanaan Pembangunan Teknokratis berdasarkan UU No 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Sistim Perencanaan Desa yang berpedoman pada Permendagri No 114 /2014 sebagai turunan dari Undang undang Nomor 6/2014 tentang Desa,” Beber Bang AM (sapaan Abady Makmur).

Lebih jauh mantan Sekertaris Desa selama 9 Tahun yang juga pernah aktif sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bombana dua periode itu menambahkan bahwa saat ini pihaknya bersama rekan rekan Tim P3MD Kabupaten Buton Selatan sedang konsen dalam mengawal Kolaborasi kedua Sistim Perencanaan itu.

“Agar tidak adalagi Kegiatan Pembangunan yang tumpang tindih, baik kegiatan yang diprogramkan oleh Organisasi Perangkat Daerah melalui Rencana kerja (Renja) maupun kegiatan yang diprogramkan oleh Desa melalui Rencana kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2020,” Tuturnya.

Untuk merealisasikan rencana kolaborasi dua sistim perencanaan dimaksud, Abady Makmur mengharapkan kepada Bupati melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Buton Selatan agar dapat memfasilitasi Rapat koordinasi terbatas yang dihadiri oleh masing-masing OPD bersama bagian Perencanaanya

Untuk membahas penerapan Kolaborasi dua sistim perencanaan yang digagas oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas PMD Kabupaten bersama P3MD Buton Selatan.

“Dengan harapan bahwa pihak P3MD dapat mendapatkan Informasi Pagu indikatif Desa dan jenis kegiatan yang direncanakan untuk desa desa pada tahun anggaran 2020 kedepan,” Urainya.

Menurutnya jika informasi kegiatan berdasarkan rencana kerja OPD sudah disampaikan kepada P3MD, maka dipastikan tidak akan ada lagi kegiatan yang tumpang tindih seperti kejadian beberapa tahun sebelumnya.

“Dengan ini, saya mewakili rekan rekan P3MD Kabupaten Buton Selatan menyampaikan kepada Pak Bupati bahwa kami siap berkontribusi pada pencapaian visi Pembangunan Buton Selatan,” Imbuhnya

Untuk itu, ia mengharapkan kepada Bupati Busel untuk membantu pihaknya agar rencana ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dikonfirmasi terpisah, Plt. Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani mengapresiasi kinerja P3MD Buton Selatan serta menyambut positif niatan yang disampaikan oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, Abady Makmur, menurutnya apa yang disampaikan oleh P3MD sudah sejalan dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah Daerah.

“Untuk itu saya mengharapkan kepada semua OPD terkait agar dapat memberikan dukungan dalam rangka pelaksanaan kerja kerja pendampingan terhadap desa-desa, semua ini kita lakukan untuk kebaikan kita semua dan tentu untuk masyarakat Buton Selatan,” Pungkasnya (AM)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA