oleh

Pemerintah Kabupaten Bombana Meluncurkan Aplikasi SP4N Lapor untuk Peningkatan Pelayanan Publik

Bombana, HarapanSultra, COM /  – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana telah meluncurkan kegiatan pendampingan pengelolaan pengaduan melalui aplikasi SP4N Lapor. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman terhadap aplikasi tersebut kepada beberapa Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bombana. Dengan aplikasi ini, diharapkan proses pengelolaan pengaduan masyarakat akan lebih efisien, transparan, dan responsif.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bombana, Ridwan, S.Sos., M.P.W., yang mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana. Acara ini dihadiri oleh beberapa Kepala Perangkat Daerah, Kabag Organisasi, pemateri dari Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bombana, serta perwakilan beberapa OPD yang menjadi fokus penilaian ombudsman tahun 2024.

Dalam sambutannya, Ridwan menekankan pentingnya pelayanan publik yang berkualitas serta keterlibatan semua pihak dalam mendukung upaya tersebut. “Pemerintah Kabupaten Bombana berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Melalui aplikasi SP4N Lapor, kami berharap dapat lebih cepat dan tepat dalam menangani setiap pengaduan yang masuk,” ujarnya.

Fadlan, S. Si., M.M., dari Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bombana, memberikan penjelasan umum tentang aplikasi SP4N Lapor, termasuk contoh kasus dan skenario penggunaannya dalam penanganan pengaduan masyarakat. “SP4N-LAPOR! dibentuk untuk merealisasikan kebijakan ‘no wrong door policy’ yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya,” ungkap Fadlan.

Plt. Kabag Organisasi Ikbal Safwan, SH., M.H. menjelaskan bahwa hasil maksimal dalam penilaian ombudsman terkait pelayanan publik sangat penting. “Diharapkan seluruh Perangkat Daerah mengoptimalkan dalam pemenuhan bukti dukung sesuai indikator penilaian yang ditetapkan, salah satunya pengelolaan pengaduan di lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana,” tuturnya.

Peserta kegiatan, yang terdiri dari beberapa Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bombana, menunjukkan antusiasme tinggi. Mereka berharap bahwa dengan penerapan aplikasi SP4N Lapor, proses penanganan pengaduan masyarakat dapat lebih terkoordinasi dan efektif, sehingga kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik juga dapat meningkat. Program ini menjadi salah satu langkah konkrit dalam mewujudkan visi Kabupaten Bombana sebagai pemerintahan yang bersih, transparan, dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA