oleh

Penempatan Satuan Radar TNI AU di Kabupaten Bombana

Bombana,HarapanSultra, COM /  — Pada hari Jumat, 3 Mei 2024, sebuah langkah strategis telah diambil oleh Kabupaten Bombana yang akan mengubah wajah pertahanan dan ekonomi lokal.

Dalam sebuah pertemuan bersejarah yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Bombana, Drs. Man Arfa, M.Si, delegasi dari Markas Besar TNI Angkatan Udara disambut hangat di ruang rapat Measalaro. Dengan Agenda utama pertemuan tersebut adalah pembahasan penempatan satuan radar TNI AU yang baru di Kecamatan Poleang Selatan.

Kesepakatan yang dicapai antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bombana, pemerintah daerah Kabupaten Bombana, masyarakat, dan TNI Angkatan Udara menandai awal dari penempatan satuan radar baru di Pajjongang, Kecamatan Poleang Selatan. Area seluas 60 hektar akan diubah menjadi pusat operasional yang lengkap dengan lokasi radar, asrama, perkantoran, dan sarana penunjang lainnya.

Drs. Man Arfa, M.Si, yang juga mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bombana, menekankan pentingnya proses pengukuran dan penerbitan sertifikat tanah yang akan difasilitasi oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Bombana. Ini merupakan langkah penting untuk memastikan legalitas dan hak sesuai dengan peraturan Undang-Undang Dasar yang berlaku.

“Kami akan mengatur dan menentukan rencana pembangunan serta penggunaan lahan sesuai dengan peruntukannya dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bombana di Kecamatan Poleang Selatan,” ujar Man Arfa, menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mengelola proyek ini.

Kesepakatan ini tidak hanya menandai kemajuan dalam infrastruktur pertahanan, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuka peluang ekonomi baru dan meningkatkan keamanan di wilayah tersebut.

“Dengan penempatan satuan radar ini, Kabupaten Bombana siap mendukung keamanan wilayah udara Indonesia,” tutur Jenderal ASN di Kabupaten Bombana.

Dengan inisiatif ini, Menurut Man Arfa Kabupaten Bombana tidak hanya memperkuat pertahanan nasional tetapi juga membuka jalan bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Ini adalah langkah besar bagi Bombana dalam membangun masa depan yang lebih aman dan sejahtera bagi warganya.

“Langkah ini menunjukkan komitmen Bombana dalam mendukung keamanan nasional sekaligus mendorong kemajuan ekonomi lokal,” pungkas Man Arfa, mengakhiri pertemuan dengan pesan optimisme dan harapan untuk masa depan Bombana yang lebih aman dan sejahtera.

 

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA