oleh

Perbup Siap Meluncur,Langkah Tegas Pemkab Bombana untuk Perangi Stunting

-ADS-1157views

Bombana,  HarapanSultra.COM / Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, akan segera memiliki dasar hukum untuk percepatan penurunan stunting terintegrasi. Dasar hukum tersebut berupa peraturan bupati (Perbup) yang saat ini sedang disusun oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting di kabupaten Bombana.

Rapat penyusunan draft Perbup dilakukan siang tadi di ruang LPTQ Setda Bombana, Selasa (09/01/2024). Rapat tersebut dibuka oleh Wakil Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting, Husrifnah Rahim, ST., M.Si, yang juga Kepala Bappeda Bombana.

Husrifnah Rahim mengatakan, draft Perbup sudah dibuat untuk ditinjau bersama oleh para peserta rapat, yang terdiri dari perwakilan OPD terkait. Ia berharap, ada masukan dan saran dari OPD lainnya untuk memperbaiki dan menyempurnakan draft Perbup.

“Perbup ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dalam upaya melaksanakan aksi pencegahan, pengendalian, dan percepatan penurunan stunting di kabupaten Bombana. Kami ingin semua pihak terlibat dan berkontribusi dalam program ini,” ujar Husrifnah.

Mantan Kabag Pembangunan, Sumberdaya Alam, dan Ekonomi Sekretariat Pemkab Bombana ini menambahkan, beberapa hal yang menjadi fokus pembahasan dalam rapat tersebut adalah pendekatan kesehatan, pendidikan, edukasi masyarakat, dan kerjasama lintas sektor. Ia menekankan, pentingnya sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan mitra kerja dalam mengatasi masalah stunting.

“Stunting adalah kondisi di mana pertumbuhan anak terhambat akibat kurangnya asupan gizi sehingga dapat berdampak negatif pada kesehatan, perkembangan, dan kualitas hidup anak. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak-anak secara optimal,” tuturnya.

Dengan adanya Perbup ini, diharapkan dapat memberikan arahan dan pedoman bagi semua pihak dalam melaksanakan program penurunan stunting di kabupaten Bombana. Perbup ini juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi, integrasi, dan kolaborasi antara OPD, pihak swasta, organisasi masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Kami berharap, dengan adanya Perbup ini, dapat mempercepat penurunan angka stunting di kabupaten Bombana. Kami juga berharap, masyarakat dapat lebih sadar dan peduli terhadap pentingnya gizi bagi anak-anak. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa, mereka harus tumbuh sehat dan cerdas,” pungkas Mantan Kadis Sosial Bombana ini.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA