oleh

Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, HIMPSI Sultra sosialisasikan Pencegahan Tindak Bunuh Diri

-Head Line-1266 views

Kendari, Harapan Sultra. Com-Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun 2019 yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober, Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Wilayah Sulawesi Tenggara giat mensosialisasikan upaya pencegahan resiko dan tindak Kekerasan pada diri sendiri hingga menyebabkan kehilangan nyawa “Bunuh Diri”.

Pada peringatan Hari HKJ kali ini, HIMPSI mengangkat tema “A Day For 40 Secound of Action” yang mengandung makna ajakan kepada masyarakat bisa meluangkan 40 detik lebih bermanfaat dalam sehari.

Kepada awak media Harapansultra.com, Ketua HIMPSI Sultra, Ayub Djafar, S.Psi., M.Psi., Psikolog mengungkapkan bahwa pada tahun 2019, resiko tindak bunuh diri sangat rentan terjadi dan menyasar anak-anak muda atau remaja.

“Dalam peringatan kali ini, kami mengangkat tema “A Day For 40 Secound of Action” karena pada tahun 2019 kami lihat sangat rentan terjadinya prilaku bunuh diri akibat ganguan mental”, ucapnya aaat ditemui dilokasi sosialisasi Di Taman Kota Kendari, Minggu (13/10/2019).

Kata Ayub, Resiko prilaku yang merugikan diri sendiri seperti ini disebabkan karena kurangnya komunikasi setiap individu terhadap lingkungan sekitarnya bahkan kepada sesamanya.

Untuk itu, pihaknya berharap untuk mencegah rentannya tindak bunuh diri dan gangguan mental, pria yang juga ikut lakukan pendampingan terhadap korban pedofilia beberapa waktu lalu menuturkan untuk sebisa mungkin luangkan waktu 40 Detik bisa saling menyapa, curhat, berbagi informasi dan kabar serta kesempatan untuk peduli terhadap lingkungan.

“Dengan Begitu, resiko gangguan mental dan depresi akan sangat tercegah apalagi sekarang semua jenjang usia masyarakat sangat rentan alami gangguan akibat lebih sibuk bermedia sosial”, ungkapnya.(Hir)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA