oleh

Target menuju transparansi dan efisiensi keuangan daerah,Pemkab Bombana Gelar Bimtek SIPD RI

Kendari ,HarapanSultra , COM /  – Dengan target menuju transparansi dan efisiensi keuangan daerah, Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, telah resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIPD) RI yang di gelar di salah satu hotel yang ada di kota Kendari. Selasa (07/05/2024).Kegiatan ini juga turut dihadiri, Drs. Gagat Sidiwahono, M.Si dari SIPD Lead Team Pusdatin Kementerian Dalam Negeri, Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, Drs. Man Arfa, M.Si, para Kepala OPD, serta pejabat keuangan lainnya.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai forum pembelajaran tetapi juga sebagai momen penting buat Bombana,penandatanganan dua Perjanjian Kerjasama Daerah antara Pemerintah Kabupaten Bombana dan PT. Bank Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Edy Suharmanto,saat memberikan sambutan menekankan pentingnya SIPD sebagai alat strategis yang menyatukan data perencanaan, keuangan, dan pelaporan daerah.

“Sejak diperkenalkan pada tahun 2020, kami di Pemerintah Kabupaten Bombana telah secara bertahap mengimplementasikan SIPD dalam pengelolaan keuangan daerah,” ujarnya. Dengan penerapan SIPD yang penuh pada tahun anggaran 2024, diharapkan akan mendukung tata pemerintahan yang baik dan efisien.

 

Selanjutnya, penandatanganan Perjanjian Kerjasama Daerah tentang Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) merupakan inisiatif terobosan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. KKPD diharapkan dapat meningkatkan efektivitas belanja daerah, sesuai dengan Peraturan Bupati Bombana Nomor 41 Tahun 2023.

Dengan inovasi dan kerjasama ini, Kabupaten Bombana berada di jalur yang tepat untuk mencapai kemajuan finansial dan administratif yang berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

“Kami berharap kerjasama ini dapat mempercepat implementasi penggunaan KKPD dalam pelaksanaan APBD di Kabupaten Bombana,” harap Edy Suharmanto.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah Bombana, Doddy A. Muchlisi, SE, M.AP,dengan singkat mengatakan,“ Perjanjian ini dirancang untuk memperkuat kerjasama dalam pengelolaan keuangan daerah dan meningkatkan aksesibilitas layanan perbankan bagi instansi pemerintah daerah, menandai langkah baru dalam pengelolaan keuangan yang lebih modern dan terintegrasi.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA