oleh

Ketahanan Pangan Gelar Pelatihan Menu Untuk Bayi dan Balita

-Harapan-11.499views
pembukaan kegiatan pelatihan

Wakatobi, Harapansultra.com | Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Wakatobi mengadakan Pelatihan pembuatan menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) bagi bayi dan balita di gedung pesanggrahan Wangi-wangi selatan, Senin (15/04/2019).

Kegiatan yang bekerjasama dengan tim penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) ini melatih 80 orang peserta dari Kecamatan Wangi-wangi dan Wangi-wangi selatan agar dapat menciptakan beragam menu dari komposisi pangan lokal demi memenuhi kebutuhan gizi bayi dan balita usia 6 sampai 24 bulan.

Kepala dinas Ketahanan Pangan, Tamrin mengatakan, Usia balita sangat rentan dengan asupan pangan yang diberikan orangtua.

“Pada pelatihan ini dapat kita menciptakan beberapa rekomendasi menu agar dapat kita manfaatkan dalam kehidupan kita sehari hari,”katanya.

Dalam pemberian asupan B2SA ini kata Dia, masyarakat dapat menggunakan pangan lokal yang biasa diberikan oleh orangtua kita terdahulu kepada anak bayi fan balita. Selain menjaga ketahanan pangan lokal juga sekaligus melestarikan kebiasaan baik Masyarakat.

“Selain itu, yang paling penting dalam kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi ibu ibu atau wanita dalam membuat makanan pengganti Asi dari bahan pangan lokal sesuai dengan kebiasaan dan sosial budaya setempat,”tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, istri bupati Wakatobi, Safaria Arhawi selaku ketua tim penggerak PKK mengaku, pemerintah kabupaten Wakatobi telah melalui berbagai cara dan upaya untuk melakukan penyadaran kepada masyarakat terhadap arti pentingnya peningkatan pangan yang berimbang, bergizi, sehat dan aman.

“Salah satu yang biasa dilakukan adalah dengan terus mengadakan sosialisasi dan pelatihan untuk mencipatkan kreasi dan ide ide baru dalam pembuatan menu B2SA dari pangan lokal,”tuturnya.

Tidak lupa dalam kesempatan itu, Safaria menghimbau agar nantinya pelatihan tersebut dalam sosialisakan secara langsung oleh peserta kepada masyarakat.

“Semoga apa yang kita dapatkan pada pelatihan ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat melalui penyuluhan yang biasa dilakukan oleh tim penggerak PKK,”Harapnya.

Untuk diketahui, Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Wakatobi pada empat pulau yakni Binongko, Tomia, Kaledupa dan berakhir di pulau wangi wangi.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA