oleh

7 Reaktif Rapid Test di Wakatobi, Hanya Satu Orang Positif Covid-19

-Harapan-11.081 views

Wakatobi, Harapansultra.com | Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan  Covid-19 Kabupaten Wakatobi telah menerima hasil Swab dari 7 orang yang reaktif rapid tes tanggal 7 Mei lalu.

Juru bicara Gugus tugas, Muliaddin dalam jumpa pers di posko gugus tugas, Sabtu (16/5/2020) mengungkapkan, dari ketujuh warga Wakatobi yang dinyatakan reaktif rapid tes pada 07 Mei itu, hanya satu diantaranya yang terkonfirmasi positif Covid-19 yakni anak perempuan berumur 12 tahun.

Hasil akhir dari uji laboratorium di Makassar tersebut sekaligus menambah jumlah warga Wakatobi yang terpapar Covid-19 menjadi tujuh orang. Yang mana sebelumnya telah dilakukan tes Swab tujuh orang reaktif rapid tes pada 04 Mei, enam orang dinyatakan positif.

“Anak perempuan 12 tahun yang terpapar covid-19 ini tidak ada riwayat perjalanannya namun pernah kontak dengan yang terpapar Covid-19,”ungkap Muliaddin.

Sejauh ini, kata Muliaddin dari ketujuh warga Wakatobi tersebut, belum ada yang yang memiliki gejala apapun, sehingga pasien tersebut dinyatakan sebagai PDP ringan.

“Pasien kita dalam kondisi tidak ada gejala, sekarang mereka masih dalam perawatan oleh tenaga medis kita. Yang paling terpenting adalah daya tahan tubuh mereka selalu terjaga, untuk itu kami selalu memberikan suplemen kepada pasien,”ucapnya.

Sedangkan untuk enam orang yang telah dinyatakan negatif dari hasil Swab bakal dipulangkan namun dianjurkan untuk tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Untuk diketahui hingga Sabtu 16 Mei 2020 Orang Tanpa Gejala (OTG) di kabupaten Wakatobi berjumlah 113 orang, 9 orang diantaranya adalah warga yang pernah melakukan kontak dengan warga yang dinyatakan positif beberapa waktu lalu di Wakatobi, sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) tinggal tersisa 1 orang.

Pelaku perjalanan yang masih dalam pemantauan berjumlah 360 orang. Dari para pelaku perjalanan dan jumlah warga Wakatobi yang masuk sebagai OTG, sebanyak 376 telah dilakukan rapid test. Dari hasil rapid test tersebut 20 orang dinyatakan reaktif.

Laporan; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA