oleh

Anggaran Umroh Gratis Wakatobi Kebal Corona

Wakatobi, Harapansultra.com | Anggaran dari APBD yang diperuntukan untuk umroh gratis di Wakatobi, Sulawesi Tenggara tidak dipengaruhi oleh refocusing dan realokasi anggaran untuk percepatan penanganan Coronavirus desease 2019 (Covid-19).

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) kabupaten Wakatobi, Selasa (21/7/2020)  Usman di ruang kerjanya mengatakan, kendati pihaknya masih menunggu kapan Mekkah kembali dibuka untuk umroh. Anggaran sebanyak 1,8 milyar telah disiapkan untuk memberangkatkan 50 orang jamaah.

Seharusnya rencananya sebelum puasa sudah kembali. Karena mendadak Covid-19 jadi dipending,”ucapnya.

Sementara ini, lanjut Usman, pihaknya tengah mempersiapkan berbagai persyaratan yang meski dilengkapi oleh calon jamaah umroh. Sedangkan untuk tahapan-tahapan persiapan keberangkatan, nantinya akan diurus oleh pihak ketiga.

“Setelah ditender, semua tahapan-tahapan itu mereka yang akan urus. Mulai dari paspor, hingga kesehatannya,”katanya.

Terkait rencana pembatalan ketika nanti mekkah belum bisa dibuka untuk umroh. Usman menyatakan, sejauh ini pihaknya belum berpikir sejauh itu. Kalaupun nantinya umroh gratis tidak jadi dilaksanakan tahun ini, kemungkinan tahun depan jumlah yang akan umrah capai dua kali lipat.

“Kalau tahun ini tidak jadi tahun depan bisa jadi ada dua kelompok yang jumlah sampai 100 orang,”jelasnya.

Selama empat tahun terakhir ini, sambungnya, pemerintah kabupaten Wakatobi telah mengumroh gratiskan lebih dari 200 (dua ratus) orang.

Orang-orang yang mendapatkan umroh gratis ini adalah orang yang memiliki prestasi di bidang keagamaan seperti Imam, khatib terbaik, guru ngaji terbaik, majelis taklim terbaik,”tutupnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA