oleh

Arhawi Bakal Sulap Ratusan Rumah Warga Bak Hotel

Wakatobi, Harapansultra.com | Masuk Sebagai Daerah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), kabupaten Wakatobi bakal genjot pembangunan infrastruktur secara masif pada tahun 2021 mendatang, termasuk infrastruktur yang menyentuh langsung peningkatan ekonomi masyarakat.

Pembangunan perumahan milik rakyat dinilai dapat meningkatkan ekonomi dan mengembangkan partisipasi masyarakat dalam dunia pariwisata di Wakatobi, hal itu disampaikan Bupati Wakatobi Arhawi saat menghadiri kegiatan pembagian rekening kepada penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kaledupa Selatan, Rabu (19/8/2020) lalu.

“Disamping bantuan perumahan yang sedang berlangsung, ada sekitar empat ratus rumah warga di Wakatobi yang akan diperbaiki untuk dijadikan Homestay, sehingga dalam pengelolaan pariwisata masyarakat sendiri yang langsung terlibat didalamnya”ungkapnya.

Orang nomor wahid di Wakatobi tersebut melanjutkan, pembangunan infrastruktur tersebut juga sudah di pantau oleh konsultan yang dipimpin oleh Ketua Tim Konsultan RIP, Widiastomo Soepardjo beberapa waktu lalu. Sehingga untuk merealisasikan program-program tersebut sudah tidak diragukan lagi.

“Insyaallah mulai tahun 2021 anggaran secara besar-besaran akan mulai masuk ke Wakatobi dalam rangka pembangunan infrastruktur, dan anggaran untuk pambangunan rumah homestay yang dimaksud ada sekitar 64 milyar. “bebernya.

Dikesempatan yang berbeda, Kepala Dinas Perumahan kabupaten Wakatobi, Aswiadi mengungkapkan, bantuan perumahan yang ada di Wakatobi kedepan bukan hanya sebatas menjadikan rumah tidak layak huni menjadi layak huni tetapi juga diupayakan rumah warga seperti hotel untuk tempat singgah wisatawan.

“Itu dalam rangka pemberdayaan masyarakat supaya peran serta masyarakat dalam pengelolaan pariwisata ini bisa lebih meningkat,”ucapnya saat ditemui pasca memberikan rekening kepada penerima bantuan perumahan di gedung Pesanggrahan Budaya, Rabu (2/8/2020).

Sedangkan, sementara ini, lanjut Aswiadi, tahun 2020 sedang berlangsung Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 5.66 unit yang bersumber dari APBN sebanyak 5.46 unit dan dari provinsi 20 unit.

“Dari bantuan BSPS tahun ini, total anggarannya itu hampir mencapai 10 milyar, setiap rumah tahun ini mendapat total bantuan per unit rumah sebesar 17 juta 500,”sebutnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA