oleh

Bappeda Busel Gelar Musrembang Kecamatan, Anggota DPRD ini Harap Jangan Hanya Formalitas

Batauga, HarapanSultra.COM | Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah rencana Pembangunan tingkat kecamatan. Bertempat di Aula Kecamatan Sampolawa, Senin (3/2/2020).

Sekertaris Bappeda Buton Selatan, Drs. La Maali, saat menjadi narasumber menguraikan bahwa Musyawarah rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan bertujuan Memberikan wahana untuk mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan masalah yang berasal dari masyarakat tingkat Desa atau kelurahan yang menjadi skala pelayanan atau kewenangan Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk satu tahun mendatang.

Untuk itu ia mengharapkan agar seluruh usulan yang disampaikan oleh para Delegasi dapat dicatat oleh Organisasi Perangkat Daerah untuk dijadikan sebagai bahan dalam penyusunan Rencana Kerja Satuan kerja perangkat Daerah.

“ Saya mengharapkan agar semua usulan yang disampaikan oleh semua Delegasi dapat dicatat oleh Para Organisasi Perangkat Daerah untuk dijadikan sebagai bahan dalam penyusunan Rencana Kerja Satuan kerja perangkat Daerah,” harapnya

Ditempat yang sama salah satu Anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buton Selatan asal Dapil I Sampolawa, LM. Amal, A. Md memberi peringatan kepada Bappeda agar pelaksanaan Acara Musrembang ini tidak hanya memenuhi unsur formalitas belaka, namun yang terpenting adalah bagaimana skenario Bappeda agar usulan Desa dapat terakomodiri minimal satu Usulan satu desa.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat ini mencontohkan adanya beberapa usulan yang disampaikan oleh Masyarakat hingga empat tahun berturut turut namun hingga saat ini, usulan tersebut belum ada tanda tanda akan diakomodir.

” Saya mencontohkan Talud pemecah ombak di Desa Gerak Makmur yang kata kepala Desanya sudah diukur berulang ulang, dan selama empat tahun selalu diusulkan dalam forum seperti ini namun belum ada tanda tanda,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gerak Makmur,  Laode Wali yang hadir dalam acara tersebut mengkritisi Bappeda terkait usulan pembangunan Talud pemecah ombak yang telah diusulkan empat tahun berturut-turut namun belum ada realisasi.

Ia menyebut jika Talud yang dimaksud telah diukur berulang-ulang dan selalu menjadi ancaman bagi warganya pada setiap musim ombak.

” Saya berharap kepada Bappeda dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buton Selatan untuk menindak lanjuti usulan ini,” Harapnya

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Media Harapan Sultra, pelaksanaan Musrembang Tahun 2021 dimulai pada tanggal 3 Februari 2020 untuk Kecamatan Sampolawa dan Lapandewa, selanjutnya di Kecamatan Siompu dan Siompu Barat akan dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2020, Kecamatan Kadatua tanggal 10 Februari 2020 dan Kecamatan Batuatas akan dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2020.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA