oleh

Bawaslu Bombana Siap Awasi Pemilu 2024

-Harapan-1225views

 

Bombana,HarapanSultra, COM /Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bombana menggelar apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan, dan penghitungan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Sabtu (10/2/2024). Kegiatan ini bertempat di alun-alun eks MTQ Kabupaten Bombana.Apel siaga ini dihadiri oleh Pj Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, Msi, Forkopimda Bombana, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana Hasdin Nompo, S.Sos., MAP, para pimpinan partai politik se-Kabupaten Bombana, serta seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Bombana hingga Panitia Pengawas Pemilihan Suara (PTPS).

Apel siaga ini merupakan bagian dari tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022. Tahapan selanjutnya yaitu masa tenang yang akan dimulai pada tanggal 11 sampai 13 Februari 2024 dan tahapan pemungutan dan perhitungan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.
Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bombana Irpan, SH., M.Kn. menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menyatakan kesiapan pengawas pemilu dalam mengawal demokrasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bombana. Ia juga mengingatkan kepada seluruh jajaran pengawas pemilu untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi pemilu, serta melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan berintegritas.
Ketua Bawaslu Kabupaten Bombana Irpan, SH., M.Kn
“Kita pastikan seluruh jajaran pengawas pemilu memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan berintegritas. Tingkatkan kordinasi antara pengawas pemilu, sesama penyelenggara pemilu, dan seluruh stakeholder. Identifikasi setiap potensi pelanggaran pemilu, lakukan pencegahan,” ujar Irpan.
Tidak lupa Irpan mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar dalam melakukan penindakan pelanggaran sesuai dengan prosedur penanganan pelanggaran pemilu. Dan memastikan keterbukaan informasi publik untuk memberikan kepastian hukum terhadap dugaan pelanggaran yang kita tangani.
“Saya mengingatkan kepada Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bombana, untuk memastikan pengawas TPS yang menjadi ujung tombak pengawasan hadir di TPS lebih awal dalam kondisi sehat dan siap melaksanakan tugas.dan jangan lupa agar kebutuhan TPS baik alat kerja pengawasan maupun nutrisi sudah tersedia.Dan tak lupa saya menghimbau kepada peserta pemilu untuk menertibkan alat peraga kampanye secara mandiri”tutur Irpan.
Masih di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra) Iwan Rompo Banne, S.Sos., M.Si, menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melakukan pengawasan maksimal terhadap tahapan pemilu yang tersisa saat ini, yakni di sisa akhir masa kampanye, masa tenang, dan hari pemungutan suara 14 Februari 2024.
Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra) Iwan Rompo Banne, S.Sos., M.Si,
“pemilu yang tinggal beberapa hari lagi harus dijaga kualitasnya dengan mencegah tindakan politik uang, kecurangan, maupun manipulasi suara yang menciderai proses demokrasi.Sekaligus saya mengharapkan bantuan kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengerahkan jajarannya dalam menertibkan atau membersihkan alat peraga kampanye seperti baliho di jalan.” Ucap Iwan Rompo.
Mantan Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara ini juga mengingkatkan bahwa Bawaslu adalah garantor kualitas pemilu,menurutnya Urusan siapa yang menang itu urusan peserta pemilu
“Urusan kita adalah memastikan peserta pemilu tidak melakukan kecurangan. Hari ini adalah hari terakhir kampanye. Tiga hari ke depan adalah masa tenang. Pastikan tidak ada aktivitas peserta pemilu masih mengajak apalagi memperkenalkan citra diri. Saya minta besok pagi sahabat-sahabat pengawas mengajak dan menghimbau peserta pemilu untuk menertibkan sendiri alat peraga kampanyenya. Kemudian saya minta kerja samanya, ketika ada masalah laporkan jangan disembunyikan,” tegas Iwan.
Sebelum Apel Siaga ini di laksanakan Bawaslu Kabupaten Bombana dan jajarannya melaksanakan gerak jalan santai.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA