oleh

Begini Cerita Eks Penerima Beasiswa Pendidikan Bersinar

-Harapan-11.070views

Wakatobi, Harapansultra.com | Berjalan sejak 2017, manfaat program pendidikan bersinar sudah dirasakan oleh masyarakat. Berkat program yang dijanjikan pada Pilkada 2015 lalu itu, masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi sangat terbantu.

Program pendidikan bersinar dinilai oleh masyarakat merupakan program yang dapat memajukan kabupaten Wakatobi melalui sumber daya manusia.

Wa Ode Islamia Sidik (21), salah satunya. Wanita yang akrab disapa Iis itu adalah lulusan terbaik jurusan Tradisi Lisan fakultas Ilmu Budaya Universitas Haluoleo Kendari. Saat menjalani perkuliahan, Ia pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten Wakatobi selama tiga semester. 

Lantas bantuan tersebut membuat kedua orang tua Iis sangat terbantu, berkat bantuan itu, biaya perkuliahan yang semula cukup menjadi beban akhirnya bisa dengan enteng dijalani.

Sekarang Iis sudah selesai menjalani studi Strata satu (S1) dengan hasil yang memuaskan. Ia berharap, ketika Ia melanjutkan ke jenjang berikutnya, program yang dicetuskan oleh Arhawi tersebut masih bisa dirasakan. 

“Yang pasti bersyukur dan merasa terbantu. Harapannya pemda selalu membiayai masyarakatnya yang benar-benar ingin sekolah bukan karena kurang mampu akan tetapi karena kemampuannya juga di bidang akademik dan semoga saya bisa mendaaptkan beasiswa S2, Aamiin ya Allah,”ucap Wanita asal Pada Raya Makmur tersebut via WhatsApp, Kamis, (17/9/2020).

Bukan hanya Iis yang merasa terbantu karena mendapatkan sentuhan dari pemerintah, banyak dari mahasiswa Wakatobi yang sudah mendapatkan program unggulan era Arhawi tersebut.

Menurut tim verifikator beasiswa dinas pendidikan, Nurmasi mengatakan pada tahun 2017 penerima beasiswa pendidikan bersinar ini berjumlah 89 orang, tahun berikutnya 2018 meningkat sebanyak 340 dan tahun 2019 meningkat lagi menjadi 541 orang.

“Total mahasiswa¬† penerima bantuan pendidikan bersinar hingga 2019 sebanyak 970 orang,”ungkapnya.

Program pendidikan bersinar memang sudah lama dicita-citakan Arhawi. Sehingga sejak ia maju sebagai calon bupati pada tahun 2015 lalu, Ia sudah berjanji untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan akan menggelontorkan anggaran untuk pendidikan, Saat menjabat sebagai bupati. Program itulah yang disebut sebagai Pendidikan Bersinar.

“Ini adalah salah satu cita-cita besar saya agar sumber daya manusia Wakatobi menjadi yang terdepan,”ucapnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA