oleh

Belajar dari PSU saat Pilkada, Panwascam Lantari Jaya gelar Sosialisasi

BOMBANA, Harapan Sultra. COM | Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Bombana terus melakukan Sosialisasi kepada masyarakat setempat guna mencegah hal yang pernah terjadi pada saat Pemilihan Kepala Daerah sebelumnya yang menyebabkan harus dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) agar tidak terjadi lagi pada Pemilu 2019 mendatang.

Sosialisasi tersebut melibatkan unsur PPK, PPL, Bawaslu, Camat dan seluruh Kepala Desa di kecamatan itu, Minggu (9/12/2018).

Dalam sambutannya, Devisi penindakan Pelanggaran Pemilu, Panwas Kecamatan Lantari Jaya, Sumarlan mengatakan pihaknya akan terus melakukan Sosilalisasi terkait penyelenggaran pemilu kedepan sebab di daerah yang ia awasi memiliki catatan merah dalam penyelenggaran pemilu sebelumnya.

“Karena disini memiliki sejarah sendiri tentang pilkada kemarin, jadi kami akan terus lakukan sosialisasi agar pada hari H nantinya bisa berjalan damai,” uangkapnya.

Ia juga mengharapkan agar Pihak Media khususnya media cyber untuk membantu mensosialisasikan aturan-aturan yang ada dalam pemilu kedepan.

“melihat masyarakat juga sudah sangat aktif di dunia maya, jadi harap untuk media sebagai sumber informasi untuk membantu penyelengara untuk mensosialisasikan aturan dan pelanggaran yang harus dihindari,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Kastom, S. IP, komisioner Panwascam Koordinator Devisi Pengawasan itu mengajak Masyarakat untuk tidak takut mengadu dan kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam penyelenggara untuk bekerja sama mensukseskan pemilu 2019 mendatang.

“Untuk penyelenggara baik PPL, PPK, PPS dan penyelenggara lainnya jangan saling mengawasi, tapi bersama melakukan pengawasan dan siapa saja yang mendapatkan indikasi pelanggaran, kami minta warga jangan takut mengadu,” paparnya saat menyampaikan materi pelatihan penanganan pelanggaran. (Hir Abrianto)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA