oleh

Belum Dapat BST Periode Ke II?, Berikut Penjelasan Dinsos

Wakatobi, Harapansultra.com | Transparansi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BST) kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara hinggi kini masih dipertanyakan publik. Pasalnya, penerima bantuan dari Kementerian Sosial periode ke II tersebut baru diperoleh oleh sebagian masyarakat.

Menjawab hal itu, sekretaris dinas sosial, La Ode Kaslan mengatakan, BST ke-II bukannya tidak akan disalurkan melainkan, penyaluran BST periode ke II ini dilakukan tidak secara serentak.

Jika sebelumnya pada periode ke-II sebagian masyarakat sudah dapat, hal itu diakibatkan data penerima dari kementerian untuk periode ke II tidak diterima secara keseluruhan melainkan secara berangsur.

“Nama-nama mereka itu datangnya di terakhir ini dan Alhamdulillah hari ini kami dengan PT pos itu sudah berembuk untuk membuat jadwal penyaluran di desa desa sebagaimana tahap pertama,”ucapnya pasca masyarakat menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor, Senin (6/7/2020).

Keterlambatan bengiriman nama-nama tersebut menurutnya, diakibatkan proses verifikasi ulang calon penerima agar nantinya tidak ada lagi penerima bantuan ganda maupun calon penerima seorang PNS. Sementara ini di tangan mereka telah ada 7.446 (tujuh ribu empat ratus empat puluh empat) KPM yang akan disalurkan.

“Yang sudah tersalurkan periode ke II pada penyuluran Awal sudah 3279 via post,”terangnya.

Bukan hanya itu, penerima bantuan melalui via perbankan sudah tersalurkan. Yang terkirim melalui Bank BRI sebanyak 780 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dan yang terkirim lewat bank BNI sudah 191 KPM. Hanya saja, dari total penerima bantuan via perbankan Bank BRI masih ada sisa 61 KPM dan BNI 26 yang masih belum terima.

“Surat dari kementerian bahwa penyaluran BST periode Juni ini dibatasi tanggal 12 Juli sudah harus tuntas,”pungkasnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA