oleh

Bertandang Ke Wakatobi, Menhub Tinjau Persiapan Infrastruktur Bali Baru

Wakatobi, Harapansultra.com | Dalam Kunjungan kerja, Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi ditemani Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyempatkan diri untuk bertandang ke kabupaten Wakatobi guna meninjau persiapan fasilitas bandara Matahora Wakatobi yang telah masuk menjadi 10 Bali baru, Jumat (28/2/2020).

Dalam Kunjungan singkat itu, menteri perhubungan menyempatkan berdiskusi bersama bupati Wakatobi, Arhawi dan sejumlah forum komunikasi pimpinan daerah. Tidak menyianyiakan kesempatan itu, Arhawi menyampaikan beberapa usulannya ke Kemenhub terkait infrastruktur perhubungan di Wakatobi.

“Ada masukan dari pak bupati, bahwa harus ada improvement dari dermaga, kapal dan sebagainya. Nanti kami akan bahas secara khusus, oleh karenanya saya menugaskan teman-teman yang ada disini untuk menginventarisasi apa permasalahannya, nanti ini akan menjadi program di tahun 2021,”ucap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Sedangkan terkait bandara Matahora yang disinggahinya itu, Menteri yang sudah dua kali bertandang ke Wakatobi tersebut menilai dari segi konektivitas dan lapangan sudah terbilang cukup baik. Meski demikian, penambahan runway tetap akan menjadi pembahasan termasuk konektivitas ke beberapa tempat baik itu ke Makassar, ataupun ke Bali yang secara praktis belum ada.

“Diskusi ini kita akan bahas beberapa spot di Wakatobi, Raja Ampat, Morotai, Tanjung kelayang. Kita akan diskusikan supaya turis itu diberikan kemudahan untuk tempat destinasi. Untuk penerbangan di Wakatobi setiap hari satu penerbangan dari Kendari-Wakatobi, Wakatobi-Kendari. Ini juga kurang, kita akan kumpulkan juga penerbangan-penerbangan gimana solusinya yang akan di berikan untuk Wakatobi,”terangnya.

Sementara ini, kata menteri kabinet Indonesia maju itu, Presiden sudah mencanangkan 10 (sepuluh) Bali baru, tahun ini baru pengembangan 5 (lima,) destinasi yang kemudian di tahun berikutnya 5 (lima) lainnya akan dikembangkan termasuk diantaranya adalah Wakatobi. Oleh karena itu, pengembangan itu akan dilakukan di 2021.

“Nah oleh karena kita akan bahas, kami akan usulkan kepada presiden ada satu langkah-langkah yang strategis yang bisa memberikan dukungan bagi Wakatobi sebagai destinasi wisata,”cetusnya.

Laporan ; Samidin.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA