oleh

Biaya APD Tidak Terencana, KPU Wakatobi Butuh Suntikan Dana

-Harapan-1261 views

Wakatobi, Harapansultra.com | Pandemi Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia menghambat laju berbagai kegiatan yang telah direncanakan. Tidak terkecuali pesta demokrasi yang sudah terencana jauh sebelum itu.

Rencana kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menggelar pesta demokrasi 9 September harus diundur guna mencegah menularnya virus baru ini.

Kendati demikian, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) republik Indonesia memastikan pemilihan akan tetap berjalan dan tahapannya bakal dimulai 15 Juni bulan ini. Pemilihan serentak ditetapkan pada 9 Desember mendatang dengan mengadopsi protokol kesehatan.

Sebagai daerah yang juga akan menggelar pemilihan kepala daerah dengan mengadopsi protokol kesehatan, anggaran yang telah disiapkan sebelumnya oleh KPU Wakatobi melalui APBD tidak menyebut biaya alat pelindung diri.

Menyikapi hal itu, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi, Abdul Rajab mengatakan KPU Wakatobi Butuh tambahan anggaran.

“Penambahan anggaran ini, kami belum tau persis apakah itu akan dianggarkan oleh ABPN atau dianggarkan oleh APBD. Kami akan menunggu keputusan selanjutnya dari DPRI,”cetusnya.

Terkait jumlah tambahan anggaran yang dibutuhkan oleh KPU Wakatobi, Abdul Rajab melanjutkan, sejauh ini KPU Wakatobi masih dalam proses kalkulasi berbagai kebutuhan.

“Kita belum bisa mengira-ngira berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan, yang jelasnya melalui komisi II DPRI juga mengusulkan terkait penambahan anggaran”ucapnya.

Untuk diketahui, sebelum terjadi pendemi Covid-19 KPU kabupaten Wakatobi melalui APBD untuk pemilihan umum kepala daerah tahun 2020 telah disiapkan sebanyak 10 Milyar.

Laporan; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA