oleh

Bombana Memperkuat Pengelolaan Keuangan dengan Aplikasi SIPD

Bombana,HarapanSultra COM / Pemerintah Kabupaten Bombana, dalam upaya terus-menerus untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan keuangan daerah, telah mengambil langkah signifikan dengan mengadakan sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD RI). Acara ini, yang diadakan di Auditorium Tanduale Kantor Bupati pada Selasa, 20 Februari 2024, bukan hanya sebuah forum edukasi, tetapi juga sebuah demonstrasi komitmen Bombana terhadap praktik pengelolaan keuangan yang baik dan terbuka.

Kepala Badan Keuangan Daerah Bombana, Doddy A. Muchlisi, SE, M.AP, dengan jelas menguraikan pentingnya pengelolaan keuangan yang profesional dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan yang baik.

“Dengan SIPD, kepala perangkat daerah akan memiliki alat yang diperlukan untuk mengelola keuangan dengan lebih efektif, memastikan bahwa setiap rupiah yang dianggarkan dapat dipertanggungjawabkan.”Jelasnya.

Doddy juga mengingatkan para peserta sosialisasi tentang berbagai peraturan yang mendukung implementasi SIPD, termasuk PP Nomor 12 Tahun 2019 dan serangkaian Permendagri.

“Ini adalah langkah awal yang penting untuk menerapkan sistem SIPD, yang akan mendorong transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi dalam penganggaran daerah,” ujar Doddy.

Dengan dimulainya tahun anggaran 2024, penggunaan SIPD tidak hanya menjadi pilihan, tetapi sebuah keharusan.

“Aplikasi ini akan memungkinkan kepala OPD untuk melaksanakan tugas-tugas penting seperti pelimpahan kewenangan dan validasi dokumen anggaran dengan lebih mudah dan akurat.” Pungkas Mantan Kepala Bappeda Bombana ini.

Acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Penjabat Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, dan Kabid Anggaran BKD Bombana, Achmad Said Effendy, ST, MM, yang berperan sebagai pemateri. Kehadiran mereka, bersama dengan seluruh kepala OPD di Bombana, menunjukkan dukungan yang kuat terhadap inisiatif ini.

Dengan adopsi penuh aplikasi SIPD RI yang terintegrasi, Bombana siap memasuki era baru pengelolaan keuangan daerah yang lebih transparan dan akuntabel, menjanjikan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi warganya. Kegiatan ini merupakan langkah maju yang berani dan inovatif, menempatkan Bombana di garis depan reformasi pengelolaan keuangan daerah di Indonesia.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA