oleh

BPBD Wakatobi Galang Donasi Untuk Korban Bencana Konut

Wakatobi, Harapansultra.COM | Belum kering air mata masyarakat indonesia berduka atas bencana yang terjadi dibeberapa wilayah seperti Lombok dan Palu Sulawesi tengah. Pada beberapa pekan lalu kabar duka dari Konawe Utara dan sekitarnya kembali membuat kita harus mengelus dada untuk menerima cobaan yang hampir tidak ada habisnya ini.

Mendengar kabar mengenai bencana banjir yang yang menimpa Konawe Utara dan sekitarnya itu, Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara turut progres melakukan upaya pemberian bantuan. Langkah itu dimulai dengan penggalangan donasi yang bersumber dari pemerintah dan masyarakat Wakatobi.

posko donasi

hal tersebut dilakukan dengan membuka posko sentral donasi sejak Sabtu (15/06/2019), mulai pukul 08.00 hingga 17.00 Wita, posko-posko tersebut dibuka dengan mendirikan tenda di halaman kantor BPBD, halaman kantor bupati, serta melayani posko keliling menggunakan mobil badan penanggulangan bencana.

bantuan dari komunitas

jurus itu tentu mendapatkan respon yang positif dari Masyarakat maupun Komunitas. Hanya dengan hitungan jam posko dibuka masyarakat berdatangan untuk memberikan bantuan seadanya, Kamis (20/06/2019).

“Betapa antusias masyarakat memberikan sedikit rezkinya kepada saudara kita yang tertimpa musibah di konawe utara,”tutur Kepala BPBD Wakatobi, Muhammad Yusuf saat ditemui di posko donasi.

antusias masyarakat berikan donasi

Berbagai jenis bahan pokok terkumpul di posko donasi. Berikut ada beras, Biskuit, mie instan, serta makanan siap saji lainnya. Meski demikian, BPDB Wakatobi tidak menerima bantuan dalam bentuk uang.

“BPBD itu hanya menerima bantuan langsung berupa barang. kalau bantuan dalam bentuk uang, itu sudah diatur dalam peraturan yang berlaku,”Terangnya.

Sesuai dangan pengalaman BPBD daerah, untuk situasi darurat 1 sampai 7 hari masih sangat membutuhkan bantuan berupa pakain. Setelah masuk masa itu atau masa pra bencana korban bencana sangat membutuhkan makanan.

“Kami dari BPBD koordinasi kepada BPBD provinsi yang diprioritaskan setelah masa darurat adalah kebutuhan sembako karena sembako bukan hanya di butuhkan oleh korban tapi juga dibutuhkan relawan,”ucapnya.

Salah seorang donatur yang memberikan bantuannya mengatakan dengan Donasi tersebut, dapat menjadi penyambung hidup dan dapat membangkitkan kembali semangat Masyarakat yang tertimpa musibah banjir.

Penyerahan bantuan

“Bantuan seluruh masyarakat diharapkan bisa tepat sasaran dan cepat sampai kepada yang membutuhkan,”harap Kamalu usai menyerahkan donasinya ke pihak BPBD.

Selanjutnya, BPBD Wakatobi akan menutup posko donasi pada jumat (22/07/2019) dan akan menndistribusikan donasi pada hari sabtu, (22/06/2019). Donasi akan diterima BPBD provinsi yang kemudian akam disalurkan kepada kepada korban banjir.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA