oleh

Bulan Depan Bantuan Perumahan Wakatobi Disalurkan

Wakatobi, Harapansultra.com | Sebanyak 360 unit bantuan rumah dari tidak layak huni menjadi rumah layak huni bulan April nanti akan segera disalurkan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman nonvertikal, Aswiadi di ruang kerjanya, Kamis (5/3/2020).

Penyaluran bantuan perumahan tahap satu ini akan disebarkan di lima kecamatan diantaranya kecamatan Wangi-wangi, Wangi-wangi Selatan, Kaledupa Selatan, Tomia Timur, dan kecamatan Binongko. Kecamatan Wangi-wangi meliputi desa Maleko, Kelurahan Pongo, desa Waginopo, desa Tindoi, desa Tindoi Timur, dan desa Posalu. Sedangkan di kecamatan Wangi-wangi Selatan meliputi desa Komala, Wungka, Mola Nelayan Bakti, Liya Bahari, dan kelurahan Mandati III.

Teruntuk Wakatobi dua, kecamatan Tomia Timur akan disalurkan di dua desa yakni desa Tongano Barat dan desa Wawotimu. Kecamatan Binongko di desa Rukuwa dan desa Taipabu. Berbeda dengan Kecamatan Kaledupa hanya satu desa yakni di desa Tanjung. Masing-masing desa mendapatkan bantuan perumahan tidak lebih dari 25 unit.

Aswiadi menerangkan, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang akan disalurkan tersebut bukan diperuntukan kepada warga “miskin” tetapi untuk kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Katanya, bantuan perumahan untuk warga “miskin” telah ditangani oleh Dinas Sosial.

“Kalau di BSPS ini masyarakat harus memiliki swadaya. Itu merupakan prasyarat untuk bisa menerima bantuan ini. Misalnya, ada dua rumah yang berdampingan dan dilihat kedua-duanya layak untuk dilakukan perbaikan maka hanya yang memiliki swadaya yang akan dapat. Ini bantuan kan hanya 17,5 juta, 15 juta untuk bahan dan 2,5 juta untuk tukang. jelas kalau hanya mengandalkan 15 juta ini tidak akan menjadikan rumah tersebut menjadi layak,”terangnya.

Maksudnya, bantuan yang diberikan kepada masyarakat tersebut hanya sekedar stimulan. Selebihnya, jika ada kekurangan bahan material pada proses pengerjaan, masyarakat diharapkan memakai dana pribadi hingga menjadikan rumah yang dibangun menjadi layak huni. Pemberian bantuan akan disalurkan langsung ke rekening penerima. Selanjutnya, masyarakat harus mengirim dana tersebut kepada penyedia barang sehingga masyarakat hanya menerima bantuan tersebut dalam bentuk barang.

“BSPS inikan menjadikan rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni sehingga jika masyarakat sudah punya material kayu atau atap maka yang akan ditanggung BSPS adalah material lainnya,”jelasnya.

Lanjutnya, upaya pemerintah memberikan bantuan perumahan bukan hanya pada bulan April tersebut. Aswiadi menuturkan, terdapat beberapa program pemerintah yang akan disalurkan nantinya baik yang membebankan APBD, APBD provinsi maupun dari APBN. Ia berharap bagi masyarakat yang telah mendapatkan bantuan BSPS bulan depan, anggaran yang didapat mampu dipergunakan sebaik-baiknya.

“Sebab yang telah mendapatkan bantuan ini kedepannya tidak akan mendapatkan lagi bantuan serupa sebab akan dihapus dan dijadikan daftar rumah sudah layak huni,”pungkasnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA