oleh

Bung Edy Dukung Penuh Program TPAKD untuk Kesejahteraan Ekonomi

Bombana,HarapanSultra, COM / Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana telah resmi menandatangani Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama dengan Industri Jasa Keuangan untuk Program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Acara penandatanganan ini dilaksanakan di Aula Tanduale Kantor Bupati Bombana,Selasa (27/02/2024),diikuti dengan sesi Edukasi Keuangan serta Pembukaan Rekening Efek oleh Perwakilan Bursa Efek Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara kepada 100 Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penjabat (Pj.) Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, bersama perwakilan industri jasa keuangan, menandatangani perjanjian tersebut di hadapan Sekertaris Daerah Kabupaten Bombana, Forkopimda Kabupaten Bombana, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pimpinan perbankan wilayah Kabupaten Bombana, Tim PAKD Kabupaten Bombana, dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bombana menekankan pentingnya industri jasa keuangan dalam memajukan perekonomian negara dan kesejahteraan masyarakat.

“Peningkatan aset dan kapitalisasi sektor jasa keuangan memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian,” ujar Edy Suharmanto.

Edy Suharmanto juga menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bombana pada tahun 2022 mencapai 5,11%, meningkat dari 3,49% pada tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan pentingnya peran TPAKD dalam mendukung perekonomian daerah.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana berkomitmen untuk mendukung dan memberikan fasilitas guna meningkatkan inklusi keuangan di wilayahnya. Industri jasa keuangan akan menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Bombana.

“Saya akan mendukung penuh program TPAKD Kabupaten Bombana. Kolaborasi dan sinergi antar pemangku kepentingan adalah kunci untuk mewujudkan inovasi dan strategi baru dalam mempercepat literasi dan inklusi keuangan,” tegas Edy Suharmanto.

Pj. Bupati Bombana juga mengapresiasi dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra terhadap TPAKD di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kabupaten Bombana. Beliau berharap tim ini dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta mempercepat akses keuangan daerah melalui program-program yang akan diluncurkan.

Program-program TPAKD Kabupaten Bombana yang akan diluncurkan antara lain:

  1. Program Tangkas: Meningkatkan Investasi Keuangan untuk mewujudkan Bombana sebagai surga investasi.
  2. Program Kejar Emas: Satu Rekening Satu Pelajar untuk menciptakan Generasi Bombana yang cerdas secara finansial.
  3. Program Pasti Pandai: Strategi untuk menghadapi dan melawan praktik rentenir.

Acara ini menandai langkah maju bagi Kabupaten Bombana dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan ASN dan masyarakat luas.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA