oleh

Desa Wapiapia Launching Sistem informasi Desa Berbasis Website

-Harapan-1116 views

HarapanSultra.Com | Dalam rangka menunjang pariwisata, desa Wapiapia, kecamatan Wangi-wangi kabupaten Wakatobi melauncing Sistem Informasi Desa (SID) berupa website yang dihadiri kepala dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan pemerintahan desa kabupaten Wakatobi La Ode Husnan beserta konsultan asal provinsi Suwardi Abu Bakar, Selasa (8/10/2019).

Pelaksana tugas desa Wapiapia, Ismawan menyebut penggunaan sistem informasi desa ini nantinya akan memuat master plan pembangunan desa, peta administrasi desa, peta tutupan lahan, dan peta sarana prasarana Desa.

“Ini menjawab kebutuhan dasar pembangunan desa dan ini merupakan ikhtiar dalam memberikan pelayanan terbaik jadi warga tidak disibukkan lagi dengan mondar mandir kantor desa untuk mengurus administrasi atau melihat data perkembangan desa, cukup buka di website. Pemerintah desa Wapia pia berusaha semaksimal mungkin agar warga lebih tertarik untuk membangun desa,”jelasnya.

Dalam sambutannya, Kepala dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan pemerintahan desa kabupaten Wakatobi La Ode Husnan mengatakan Wapiapia merupakan salah satu desa wisata dan perikanan, sudah seharusnya dibuatkan desain pembangunan untuk mempercepat tersedianya sarana penunjang pariwisata dan perikanan.

“karena desa Wapiapia selain objek wisata yang bisa di suguhkan ada juga objek yang di eksploitasi dari laut, ikan yang berlimpah, terumbu karang yang bagus dan ini sangat berhubungan dengan sektor unggulan yang di miliki Wakatobi yakni pariwisata,”ucapnya.

Senada dengan yang dikatakan La Ode Husnan, konsultan asal provinsi sulawesi tenggara  Suwardi Abu Bakar menuturkan, pembuatan website desa ini nantinya yang akan menjadi penunjang pelayanan publik.

“Website ini makin mempermudah warga desa. Menunjang apa apa yang dilakukan masyarakat termasuk bumdes. Saya berharap 2020 Bumdes Manginda desa Wapiapia bisa menjadi penggerak ekonomi rakyat desa sehingga dapat menghasilkan penghasilan asli desa,”tutur tenaga tenaga ahli pembangunan ekonomi desa provinsi Sultra tersebut.

Kegiatan launcing Sistem Informasi Desa (SID) ini juga dilangsungkan dengan musyawarah desa Wapiapia dalam penyusunan rencana pembangunan desa tahun anggaran 2020. (Adm)

Laporan ; Samidin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA