oleh

Di Dapuk Sebagai Pemateri di Pelatihan TIK,Ini Pesan Achmad Said

Bombana,HarapanSultra, COM / – Pada Jumat, 15 Maret 2024, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Bombana melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) memulai pelatihan berbasis Unit Kompetensi Program Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kejuruan Microsoft Office. Acara pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh 16 peserta, yang terdiri dari aparat desa, kelurahan, dan kecamatan di Kecamatan Poleang Timur. Hadir juga dalam acara pembukaan tersebut:Achmad Said Effendy, ST., MM,La Bangun, S.Si. Ahmad Maidy, S.Sos. Camat Poleang Timur Ismail Yusuf, S.Sos.

Ari Gusmianto Sarewo, ST., Kepala UPTD BLK Dinas Transnaker Kabupaten Bombana, mengungkapkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas dan menjadi tonggak penting dalam meningkatkan keterampilan masyarakat sekitar.

“Diharapkan pelatihan ini memberikan manfaat besar bagi peserta dan menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.” Ucap Ari,

Achmad Said Effendy, ST., MM.,dalam kapasitasnya sebagai Kabid Anggaran yang di dapuk sebagai salah satu pemateri, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan taraf hidup, penghasilan, dan mengurangi tingkat pengangguran.

“ Melalui pelatihan berbasis kompetensi, masyarakat yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat menambah ketrampilan untuk bersaing di pasar kerja. Hal ini penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui ketrampilan yang diperoleh.” Jelas Achmad Said.

Lebih lanjut, Achmad Said menyatakan bahwa pelatihan berbasis kompetensi sangat signifikan dalam menurunkan angka kemiskinan. Kemiskinan terjadi karena rendahnya daya beli atau karena kemampuan ekonomi yang tidak mencapai kebutuhan.

“Oleh karena itu, pengetahuan dan ketrampilan dapat membantu menciptakan kegiatan produktif dan pendapatan yang memadai.”Urainya.

Achmad Said berpesan kepada para peserta bahwa pelatihan bukan hanya untuk mendapatkan sertifikat, tetapi juga untuk memberikan keterampilan dan kompetensi dalam rangka mendapatkan pekerjaan. Peserta diharapkan mengikuti pelatihan dengan baik, disiplin, dan semangat. Standar kualifikasi tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang kompeten serta ketrampilan sosial dapat dicapai melalui pelatihan ini.

“Kata kuncinya bagi kesuksesan adalah kreativitas, yaitu kemampuan untuk menyesuaikan diri dan terus mengembangkan diri untuk berkarya, serta kolaborasi, yaitu kemampuan untuk menjalin kerjasama dan mencari terobosan dalam peluang usaha,” pungkas Achmad Said.

Fauzie (27), salah satu peserta, merasa bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan mengikuti pelatihan ini. Bagi Fauzie, pelatihan ini merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan diri, meningkatkan kompetensi, dan membuka peluang baru dalam karir atau usaha.

“Semoga dengan mengikuti pelatiahan ini kita dapat bertransformasi dari yang tidak tahu menjadi lebih tahu, dan yang sudah tahu menjadi lebih mahir.”Ucapnya Singkat.

Pelatihan akan berlangsung selama 23 hari, dari tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, di Aula Kantor Camat Poleang Timur. Sebelum memulai sesi pelatihan, para peserta telah diberikan perlengkapan yang meliputi tanda peserta, baju, dan alat tulis yang diperlukan untuk memaksimalkan partisipasi mereka dalam kegiatan ini.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA