oleh

Di Hari Libur Arhawi Pantau Pembersihan Jalan Hibah

Wakatobi,Harapansultra.com | Banyaknya Pohon yang menghalangi jalan Program hibah di desa Komala, kecamatan Wangi-wangi Selatan, memicu Bupati Wakatobi Arhawi bertindak secara langsung melakukan penebangan.

Arhawi bersama Camat Wangi-wangi Selatan, Kepala desa serta masyarakat setempat memanfatkan hari libur untuk menebang pohon yang berada tepat di bahu jalan. Beberapa pohon kelapa warga yang dirasa dapat mencelakakan pengguna jalan disingkirkan.

Orang nomor satu di Wakatobi tersebut memastikan jalan sepanjang sembilan kilometer itu tidak terhambat pengerjaannya.

“Semua ruas jalan yang dilalui oleh jalan hibah australia ini diharapkan tidak ada hambatan,”ucapnya.

Jalan yang dibangun melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) pada tahun 2019 ini digelontorkan pemerintah Australia kepada Indonesia sebesar 500 milyar. Pemerintah pusat dalam mendukung pariwisata memprioritaskan pembangunan di 10 kawasan pariwasata nasional.

Dari 10 kawasan prioritas nasional, pada tahun 2019 ini hanya ada lima daerah yang keciprat bantuan hibah tersebut diantaranya Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung, Jawa Timur, Serta Sulawesi tenggara yakni Wakatobi.

Danah hibah untuk Wakatobi tahun ini cukup fantastis sebesar 76 Milyar. Dana hibah itu terbagi atas dua pengerjaan baik diperuntukkan perbaikan dan peningkatan jalan sehingga Pemda Wakatobi menempatkannya diruas jalan provinsi sepanjang 9 KM dengan besaran dana Rp.50 Milyar serta jalan kabupaten sebesar Rp 26 Milyar.

“Kita patut berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mendukung kabupaten wakatobi dalam meningkatkan kualitas infastruktur,”Pungkas Arhawi.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA