oleh

Dinsos Busel Gandeng Loka RSLU Minaula Kendari Sosialisasi ATENSI

Buton Selatan, harapansultra.com | Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia ” MINAULA “ Kendari Lakukan Sosialisasi sekaligus Bimbingan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) terhadap Pengurus LKS-LU yang ada di Wilayah Kabupaten Buton Selatan Kamis 04 Februari 2021 bertempat di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan.

Kegiatan tersebut bertujuan agar para Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) yang ada di Kabupaten  Buton Selatan dapat memahami tugas yang dilakukan dalam lembaga tersebut, karena LKS-LU di Buton Selatan masih tergolong baru, untuk itu masih memerlukan Bimbingan dari Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia “Minaula” Kendari Ujar Kepala Dinas Sosial Buton Selatan H.La Ode Taatlan, SH.

Petugas dari Loka Minaula Kendari Deny Irawan, S.ST dalam paparannya menyampaikan bahwa untuk pemberian layan terhadap Lanjut Usia (Pemberian Bantuan ) saat ini tidak bisa dilakukan langsung kepada para Lansia, namun harus melalui Wadah yang bernama Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) sebagai mitra Dinas Sosial.

Dinas Sosial Kabupaten atau Kota hanya dapat memfasilitasi LKS-LU yang mengajukan Proposal Penanganan atau Layanan  yang akan diberikan kepada Lanjut Usia setelah LKS-LU melakukan  Asesmen secara cermat.

“Setelah lengkap Proposal tersebut Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan baru bisa memberikan Rekomendasi kepada LKS-LU untuk dilanjutkan ke Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara dan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara akan menampung Semua Propoasal LKS-LU dari Semua Kabupaten atau Kota untuk diteruskan lagi ke Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia  “Minaula” Kendari,” ujarnya

Ditempat yang sama Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Buton Selatan Haryadi,S.Sos menitip pesan kepada para Pengurus LKS-LU yang ada di Kabupaten Buton Selatan untuk segera melakukan Asesmen kepada para Lanjut Usia yang layak menerima Layanan diwilayah kerja masing-masing.

“Karena target Layanan di Loka RSLU Minaula Kendari Tahun 2021 hanya 9.760 Penerima Manfaat yang terbagi di 8 Provinsi pada Wilayah Kerja Loka RSLU Minaula Kendari,” Ujar Haryadi.

Delapan Provinsi dimaksud yaitu Provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Uatara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Adapun LKS-LU yang hadir dalam acara tersebut, Pengurus LKS-LU Katoba Mambulu Buton dari Kel. Lakambau, LKS-LU Harapan Bangsa Busel dari Kel. Laompo dan LKS-LU Al-Mujahidin Molona dari Desa Molona Kec.Siompu Barat serta Peksos Anak, Supervisor LKS-LU Dinas Sosial Busel dan 2 (dua) Orang Operator LKS-LU Bidang Rehabilitasi Sosial dan Operator LKS Pemberdayaan Sosial sedangkan dari Loka RSLU Minaula Kendari diwakili Deny Irawan, S.ST dan Siti Hartin, S.Sos. (Hyd’ 2021).

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA