oleh

Disperindag Wakatobi Inpeksi Pasar, Berikut Harga Bahan Pokok Yang melonjak

Pedagang di pasar pagi

Wakatobi, Harapansultra | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara belum lama ini mengadakan inpeksi mengenai lonjakan harga bahan pokok makanan di pasar menjelang bulan puasa. Dengan Menggandeng Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Bulog dan Satpol PP. alhasil pihaknya menemukan harga beberapa bahan pokok makanan yang melonjak.

Dari pantauannya, ditemukan harga bawang putih yang tidak normal hingga mencapai dua kali lipat dari harga biasanya. jika pada biasanya harga bawang putih berkisar 40 ribu per kilogram, kini naik hingga 80 sampai 90 ribu perkilogram.

Meski demikian, kepala Disperindag mengatakan, harga bawang putih nasional memang masih dalam kondisi naik. Sedangkan di Wakatobi dari tiap titik pada pusat perbelanjaan cukup bervariasi, tergantung dari daerah mana bawang putih tersebut didatangkan.

“Di tiga titik pasar, dimana di pasar pagi kemudian di sentral bagian depan dan sentral bagian belakang disitu ternyata ada beberapa perbedaan harga. misalnya, bawang putih ada yang didapatkan harga 80 di pasar pagi, 90 di pasar sentral bagian atas,”terang Safiuddin, Senin (13/05/2019).

Berbeda dengan bawang putih, harga bahan makanan lainnya justru tidak begitu mengalami kenaikan yang signifikan dan bahkan stabil. Seperti beras, bawang merah, tomat, gula, telur dibeberapa tempat masih dalam harga yang stabil.

Kelonjakan harga bahan makanan kata Dia, pada bulan suci ramadhan memang sudah menjadi pemandangan biasa “meskipun begitu, hal itu hanya terjadi di awal dan diakhir bulan ramadhan. pada pertengahan biasa harga stabil,”sambungnya.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga diakhir ramadhan, Disperindag akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk Bulog untuk rencananya akan diadakan pasar murah di sepuluh hari menjelang lebaran. Pasar murah tersebut nantinya menyediakan bahan makanan yang diprediksikan mengalami kenaikan.

Kepala Bulog Wakatobi, M. Nurdin Khalik, mengatakan, untuk membantu menstabilkan harga bahan makanan di pasar, pihaknya hanya menyediakan beras, minyak goreng serta gula.

“kalau untuk pasar murah tergantung dari permintaan yang ada. biasanya untuk bulog biasanya akan menyediakan beras,”Tukasnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA