oleh

DPRD Bombana Dorong Indomaret Akomodir Produk UKM dan Hasil Pertanian Lokal

Rumbia, HarapanSultra.COM | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bombana mendorong pengusaha bisnis waralaba Indomaret yang beroperasi di daerah penghasil emas tersebut untuk mengakomodir produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan hasil pertanian lokal berkualitas.

Hal tersebut diutarakan Ardi A, SP., MP  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bombana, Kamis (2/4/2020). menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, berdasarkan hasil pemantauannya dampak pencegahan Covid-19 sangat berpengaruh terhadap ekonomi para pelaku UKM dan Petani Bombana yang menjadi lesu sehingga semua pihak baik Pemerintah, DPRD dan Stakeholder lainnya perlu memikirkan agar dampak tersebut dapat diminimalisir.

“Kita berharap agar pelaku bisnis waralaba seperti Indomaret ini, juga berkontribusi meringankan beban pelaku UKM dan Petani lokal kita dengan mengakomodir produk mereka,” Tutur Ardi

Anggota Legislatif dapil Poleang Timur dan pemekarannya itu menyebutkan, saat ini dengan adanya pembatasan sosial dan Penanganan penyebaran Covid-19  para pelaku UKM dan Petani menjadi kesusahan memasarkan produk dan hasil pertanian mereka.

Padahal menurutnya beberapa produk lokal yang ada di Bombana sebenarnya sudah layak untuk dipasarkan di gerai Indomaret baik yang ada di daerah maupun diluar Bombana, ia mencontohkan beberapa produk UKM yang sejatinya sudah dapat pasarkan sepanjang perusahaan tersebut punya komitmen mengakomodir produk lokal tersebut.

“Kita sebenarnya punya berbagai produk UKM dari olahan pisang yang sebenarnya layak dipasarkan disitu seperti Dempo Pisang, Kripik Pisang, Olahan Kue Gula Kabaena, olahan berbahan kelapa dan juga buah buahan berkualitas dari petani kita seperti Pepaya California, Semangka dan banyak lagi,” bebernya.

Jika para pelaku UKM dan Petani lokal tidak segera dipikirkan nasib mereka tambah Ardi ia mengkhawatirkan kerugian besar secara ekonomi bakal mereka alami.

“Contohnya saja Pepaya California di Poleang Timur ini dimana ada satu petani yang menanam 500 Pohon dan saat ini sudah masa panen, kalo ini tidak disiapkan pasarnya segera dalam kondisi seperti ini, yakin saja kerugian besar pasti mereka alami,” Pungkasnya

Hingga berita ini dirilis, pihak Indomaret belum terkonfirmasi (IS)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA