oleh

DPRD Wakatobi Usul Perikanan Buat BUMD, Kadis; Kita Sudah Siapkan Konsepnya

-Harapan-1413 views

Wakatobi, Harapansultra.com | Dalam rapat bersama Pemda terkait pendapat umum DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) bupati Wakatobi, Senin (18/5/2020), Dewan mengusulkan beberapa rekomendasi termasuk rekomendasi kepada dinas Kelautan dan Perikanan.

Dalam rekomendasi yang dibacakan Ketua Komisi III DPRD Wakatobi, La Ode Nasrullah, Kelautan dan perikanan Wakatobi diminta untuk lebih memperhatikan sektor kelautan dan perikanan dengan membuat BUMD.

“Kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan untuk membentuk badan usaha milik daerah untuk sektor yang dimaksud. Melakukan perawatan dan perbaikan segala fasilitas atau infrastruktur utama dan penunjang yang berhubungan dengan peningkatan PAD,”usulnya.

Terkait hal itu, Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Jalaludin di ruang kerjanya, Selasa (19/5/2020) mengatakan, Dinas Perikanan telah mempersiapkan konsep mengenai BUMD yang menjadi rekomendasi DPRD tersebut. Ia mengatakan konsep itu selanjutnya akan diajukan kepada pimpinan yakni bupati Wakatobi untuk mempertimbangkan plus minusnya.

“Salah satu konsep Perusda yang direncanakan oleh dinas perikanan adalah perusahaan pabrik es,”ucapnya.

Namun untuk mewujudkan konsep besar itu, menurutnya perlu dipikirkan matang-matang. Salah satu hal yang paling mendasar untuk dipikirkan adalah mengenai latar belakang pemimpin yang bakal memegang kendali perusahaan. Dari hasil kajiannya, Jalaludin mengatakan pemimpin perusda harus benar-benar berlatar belakang pebisnis.

“Sekarang kita sudah jalankan pabrik es Tomia. Itu sudah sejak bulan Desember 2019 tapi pada proses perjalanannya memang harus ditangani bukan kelas-kelas pegawai atau kelas-kelas honorer. Harus serius dengan pendekatan orang bisnis,”jelasnya.

Jalal melanjutkan, kendati Perusda baru akan dijalankan dengan konsep yang berbeda dari sebelumnya, sejauh ini Kelautan dan perikanan Wakatobi sudah memberikan dukungan kepada usaha milik masyarakat di sektor perikanan.

“Yang bisa kita lihat dari sektor kelautan dan perikanan kita adalah keberhasilan kita kita dalam segi ketahanan pangan yang tidak tergantung dari daerah lain. Kedua, pendapatan kita di nelayan yang kita sebut nilai tukar nelayan masih sangat baik baik. Yang perlu kita diskusikan adalah PAD kita terhadap ikan yang keluar ke daerah lain,”pungkasnya.

Laporan; Samidin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA