oleh

Dugaan Korupsi Kades Kapota Masuk Tahapan Penyelidikan

Wakatobi, Harapansultra.com | Dugaan korupsi  Dana Desa (DD) yang menyeret Kepala Desa Kapota Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi telah sampai pada tahapan penyelidikan oleh pihak Kepolisian. Hal ini diungkapkan Kapolres Wakatobi melalui oleh Kasat Reskrim Iptu Juliman.

“Laporannya kami sudah terima dan kami akan lakukan langkah-langkah klarifikasi atau penyelidikan kepada pelapor kemudian pihak-pihak lain yang mengetahui,”ungkapnya, Senin (22/3/2021).

Ia melanjutkan, pihaknya masih akan melakukan kegiatan klarifikasi dengan pelapor kemudian pihak-pihak lain yang mengetahui dugaan laporan tersebut.
Iptu Juliman juga mengatakan akan meminta klarifikasi dari pihak Keuangan yang berkaitan dengan kejelasan apakah benar anggaran pengadaan itu ada atau tidak.

Ketua GARBI Kambode, Armin meminta kepada pihak Kepolisian agar mengusut kasus tersebut dengan profesional.

“Saya meminta kepada Pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Wakatobi agar mengusut kasus tersebut secara profesional dan tuntas agar dapat memberikan pelajaran kepada lain agar tidak bermain-main dengan anggaran negara,” tegasnya.

Sebelumnya Armin telah melaporkan Kepala Desa Kapota atas dugaan pengadaan fiktif karamba sebesar Rp 219.150.000, dan pemalsuan dokumen LPJ pada pekerjaan jalan tani sebesar Rp 300.000.000 dan rehab kantor desa sebesar Rp 79.744.000.

Sebelumnya, saat dikonfirmasi lewat telepon, Jabal Nur, Kepala Desa Kapota membantah atas tudingan pengadaan jaring karamba fiktif itu.

“Tidak pernah ada usulan masyarakat terkait pembangunan karamba itu dan di APBDes 2020 desa kami juga tidak ada terkait pembangunan karamba itu,” ucapnya, Selasa/16/3/2021) lalu.

Laporan : Toni

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA