oleh

Edy Suharmanto Dorong Penanganan Inflasi dan Stunting di Kabaena.

Bombana.HarapanSultra, COM / Penjabat Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, menghadiri Rapat Koordinasi bersama Pemerintahan Wilayah Kepulauan Kabaena di Balai Desa Baliara Selatan, Kecamatan Kabaena Barat. Rapat ini bertujuan membahas isu strategis terkait pengembangan wilayah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Kabaena.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bombana menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Bombana dalam mendukung pembangunan Kepulauan Kabaena.

“Sebagai penjabat yang ditunjuk pemerintah pusat, saya tidak memiliki visi misi pribadi, hanya menjalankan program pemerintah,” ujar Edy Suharmanto.

Suami  Aeni Mutmainnah,S.Pd ini menekankan pentingnya penanganan inflasi, kemiskinan ekstrem, dan stunting sebagai prioritas utama. Tidak lupa Edy Suharmanto juga meminta para Camat, Lurah, dan Kepala Desa untuk aktif memantau harga pasar guna mencegah inflasi di Kabupaten Bombana.

Mengenai isu stunting,Pj. Bupati Bombana mengungkapkan bahwa kunjungan bayi, balita, dan ibu hamil ke posyandu masih di bawah target pemerintah.

“Saya berharap kunjungan ke posyandu dapat ditingkatkan. Jika perlu, lakukan kunjungan dari rumah ke rumah,” tegas Edy Suharmanto.

Pemerintah Kabupaten Bombana telah menyiapkan tambahan intensif bagi tenaga kesehatan untuk mendukung program ini, dengan harapan menurunkan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024.

Selain itu, Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, telah meminta data kemiskinan ekstrem, inflasi, dan stunting untuk mengevaluasi dan merencanakan program-program terkait. Pemerintah juga mendorong kerjasama antar OPD dan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan anggaran kegiatan/bantuan1

Strategi nasional juga mencakup:

  • Pelaksanaan Padat Karya Tunai: Untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat.
  • Optimalisasi Padat Karya Tunai Desa (PKTD): Untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem.
  • Peningkatan Pendampingan dan Pelatihan Usaha: Untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat

Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu mengurangi kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bombana dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Rapat dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala OPD, para camat, lurah, kepala desa, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

Sebagai tindakan konkret, Pj. Bupati Bombana juga memberikan bantuan uang tunai Rp5 juta kepada masyarakat yang terdampak angin kencang baru-baru ini, menunjukkan responsivitas pemerintah terhadap kebutuhan mendesak masyarakat.

Komitmen ini mencerminkan upaya Pemerintah Kabupaten Bombana dalam mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Kepulauan Kabaena.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA