oleh

Efek Corona, PDAM Wakatobi Buat Kendor Tagihan Air

-Harapan-1113 views

Wakatobi, Harapansultra.com | Demi meringankan beban masyarakat di tengah Wabah Covid-19 hari ini. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Wakatobi, memberikan sedikit kelonggaran tagihan air dengan tidak memaksakan pembayaran bagi yang tidak mampu, hal itu dilakukan selama beberapa bulan hingga pandemi Corona ini dinyatakan berlalu.

Dirut PDAM Wakatobi, Zakaria mengatakan PDAM membuat kendor tagihan air minum ini terkhusus masyarakat yang benar-benar tidak mampu akibat terdampak virus Corona. Padahal sebelum adanya wabah Corona, PDAM tegas dalam rangka mengejar pendapatan.

“Sudah ada memang intruksi dari persatuan air minum seluruh Indonesia bahwa ditengah pandemi Covid-19 ini kita harus terlibat langsung,”ujarnya, Jumat (15/5/2020).

Sejauh ini pihaknya belum menerima regulasi maupun kebijakan terkait kriteria yang bisa mendapatkan kelonggaran itu. Zakaria melanjutkan, sementara ini petugas PDAM hanya menilai memberikan kelonggaran berdasarkan jumlah rekening tagihan air sebab untuk memberlakukan hal itu kepada semua pelanggan PDAM harus miliki regulasi.

“Yang tadinya target penerimaan itu harus kita genjot sekarang kita biasa bisa dulu tapi itu tidak diberlakukan kepada semua pelanggan, untuk perkantoran maupun pelanggan yang pegawai tetap kami tagih seperti biasa,”katanya.

Meskipun kelonggaran tagihan air diberlakukan untuk masyarakat tidak mampu di masa pandemi ini, bukan berarti PDAM tidak mencatat pemakaian pelanggan. Dalam menjalankan perusahaan milik daerah ini kata Dia, tetap harus menyeimbangkan antara pemasukan dan pendapatan perusahaan.

Dalam hal ini bukan berarti kami tidak tagih, tetap akan kami lakukan penagihan. Misalnya 200 ribu yang harus dibayarkan tapi bulan ini hanya 50 yang dibayar maka 150 ribu akan kami masukkan sebagai tunggakan,”pungkasnya.

Laporan; Samidin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA