oleh

Empat Pulau di Wakatobi Sudah Mendapatkan Pasokan Air bersih

Wakatobi, HarapanSultra.COM | Empat pulau Wakatobi Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan binongko telah mendapatkan Suplai air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat. Hal itu diungkapkan direktur utama PDAM Wakatobi, Zakaria saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (25/06/2019).

Zakaria mengungkapkan, meskipun keempat pulau tersebut telah mendapatkan suplai air bersih, dirinya mengakui bahwa tidak semua wilayah dari pulau-pulau dapat teraliri secara maksimal. Alasannya, sebagian masyarakat Wakatobi menggunakan air yang dikelola oleh pihak swasta serta sebagian masih menggunakan sumber air bersih dari sumur.

“Di Wangi-wangi hanya ada satu desa yang belum menggunakan PDAM yaitu desa Waha tetapi waha itu bukan berarti tidak. Sudah ada pipa tetapi hanya masyarakat belum mengambil air dari sini karena masih banyak mungkin sumber air,” ungkapnya.

Sedangkan di pulau Kaledupa yakni di Ambeua Raya belum mendapatkan suplai air bersih dari PDAM. Berbeda dengan Ambeua Raya, Kaledupa Selatan justru telah mendapatkan pasokan air bersih. Zakaria melanjutkan, Begitupun dengan Tomia, hanya kecamatan tomia saja yang sudah teraliri, selebihnya masih menggunakan Swasta.

“Binongko sudah semua tetapi binongko hanya sekitar lima ratus lebih sambungan rumah,” paparnya.

Selain mengungkapkan wilayah yang telah mendapatkan pasokan air bersih Dirut yang baru sekitar dua bulan dilantik tersebut dalam kesempatan yang sama mengatakan, untuk meningkatkan status PDAM Wakatobi dari kurang sehat ke status sehat maka perlu adanya peningkatan kwalitas sumber daya manusia, penambahan jumlah mesin cadangan, serta harus mendorong jumlah pelanggan PDAM.

“Sekarang mesin kita hanya 13 buah kita perlu cadangan mesin Untuk tiap-tiap titik. sekarang jumlah pelanggan kita masih sekitar 7.000an. Namun saya sudah sampaikan kepada pak bupati bahwa target kami di akhir 2019 ini capai 9.000 pelanggan,” tuturnya.

Katanya, untuk mendapatkan Status sehat, PDAM juga membutuhkan dukungan subsidi dari pihak pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

“Kebetulan sudah ada pelaksanaan program hibah tahun 2020 kami sudah laporkan ke pak Bupati,”pungkasnya.

Laporan Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA