oleh

Final, Dua Figur ini Resmi Kembali Bertarung di Pilkada Wakatobi

Wakatobi, Harapansultra.com | Pasca menggelar rapat pleno terkait penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Wakatobi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Wakatobi, Rabu (23/9/2020) resmi menetapkan dua pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Sebelumnya, dua figur yang tidak asing bagi masyarakat Wakatobi ini Sudah pernah bergulat pada Pilkada 2015 lalu. Kala itu, Arhawi yang merupakan Wakil bupati maju sebagai kandidat calon bupati berpasangan dengan Ilmiati Daud seorang pegawai negeri sipil. Rival politiknya datang dari kubu partai Petahana PDIP, Haliana berpasangan dengan Muhammad Syawal.

Pesta demokrasi 2015 lalu tersebut, Arhawi dan Ilmiati Daud mendulang Kemenangan dengan perolehan 28.872 Suara (50,69%) sementara H Haliana – Muhammad Syawal memperoleh suara 28,091 suara (49, 31%) selisih 777 suara.

Tahun ini, pertarungan Arhawi dan Haliana terulang kembali. Kali ini, Arhawi berpasangan dengan mantan sekda Wakatobi Hardin La Omo dan Haliana berpasangan dengan mantan Wakil rival politiknya yakni Ilmiati Daud.

Dari pantauan media ini, masing-masing pasangan calon sudah menunjukan basisnya di setiap wilayah. Posko pemenangan, bendera partai politik pengusung, hingga gambar dari kedua pasangan calon sudah terpampang. Pada grub-grub media sosial Wakatobi juga sudah mulai memunculkan kedua pasangan calon.

Momentum Pilkada tahun ini berbeda dengan Pilkada 2015 lalu. Jika kampanye tahun lalu masih memamerkan jumlah masa yang hadir, di masa pandemi Covid-19, masa yang dikumpulkan oleh masing-masing pasangan calon saat kampanye tatap muka dibatasi maksimal hanya sampai 50 orang.

“Mohon ini dipatuhi oleh pasangan calon dan partai pengusung, berikan pemahaman yang baik kepada simpatisannya, berikan pemahaman yang baik kepada masyarakat agar aturan ini dapat ditegakkan,”ucap ketua KPU Wakatobi, Abdul Rajab, Selasa (22/9/2020).

Setelah penetepan calon, selanjutnya pihaknya akan melakukan pengundian nomor urut pada tanggal 24 September besok.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA