oleh

Hadiri Acara Pesta Adat Lapola, Bupati Busel Harap OPD Serius Kembangkan Budaya Lokal

Read Offline:

Batauga, Harapan Sultra | Pemerintah Kabupaten Buton Selatan tidak main-main dalam memberikan perhatian terhadap keberadaan dan pelestarian Budaya lokal Daerah, hal ini dapat dapat dilihat dari dukungan Pemkab baik di berbagai kegiatan pelestarian budaya lokal daerah maupun pengalokasian anggaran pengembangan potensi budaya.

Sebagai bukti tingginya perhatian Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dalam pelestarian adat dan budaya lokal di Kabupaten yang dijuluki Negeri Beradat itu, adalah dengan hadirnya Bupati Buton Selatan H. Laode Arusani pada acara Pesta adat Lapola bersama masyarakat Kelurahan Todombulu, Kecamatan Sampolawa yang berlangsung malam ini, Sabtu (19/10/2019) di Baruga Lapola Kecamatan Sampolawa.

Dalam sambutanya Bupati Buton Selatan, H. Laode Arusani menuturkan bahwa Sektor Pariwisata dan Kebudayaan adalah salah satu dari dua Sektor unggulan disamping Sektor Perikanan, Kelautan dan Sektor Petanian dalam menopang pembangunan Buton Selatan.

Untuk itu Suami dari Waode Ruhania ini berharap agar budaya dan kearifan lokal yang masih hidup dalam masyarakat adat terus dikembangkan sehingga tidak hanya menjadi potensi yangg statis tetapi bisa menjadi Produk Wisata yang mempunyai nilai jual yang bisa memberikan penghasilan bagi masyarakat adat setempat maupun Busel pada umumnya.

” Saya juga meminta agar Organisasi Pemerintah Daerah terkait, yaitu Dinas Pariwisata serta Dinas Kebudayaan untuk sungguh sungguh dan serius menggali serta mengembangkan potensi wisata dan budaya yang ada untuk menjadi produk unggulan agar bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Buton Selatan,” Harap Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demorasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Buton Selatan iniĀ 

Ditempat yang sama, Camat Sampolawa dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara pesta adat Lapola yang dilaksanakan pada malam ini, dihadiri oleh Bupati Buton Selatan, sejumlah Asisten dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah serta masyarakat Lapola se Kelurahan Mambulu Kecamatan Sampolawa.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu sebagai moment untuk mengaktualisasikan rasa syukur sebagai mahluk tuhan atas segala nikmat dan karunianya yang telah dianugrahkan selama satu tahun.

” Kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mejalin hubungan silaturahim baik antara sesama Masyarakat adat maupun dengan masyarakat adat lainya di wilayah Kabupaten Buton Selatan serta untuk melestarikan adat dan budaya masyarakat adat Lapola agar senantiasa terjaga dan dilestarikan sebagai salah satu khasanah budaya bangsa,” Pungkasnya. (Abady Makmur)

Read Offline:

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA