oleh

Hasil Penyortiran, Petugas KPU Wakatobi Temukan 841 Kertas Surat Suara Yang Rusak

Wakatobi, Harapansultra.com | Dari hasil sortir yang dilakukan Petugas KPU Wakatobi terhadap 38 pak dengan isi total 76.667 surat suara, ditemukan terdapat 841 surat suara yang rusak.

Kasubag Keuangan Umum dan Logistik, La Ode Aminudin mengaku, pihaknya sangat memperhatikan secara seksama mana kertas yang rusak maupun yang masih dalam kondisi baik.

“Lecet maupun kena tinta sedikit kami nyatakan rusak. Sehingga, sisa surat suara yang masih bagus tersisa 75.826.”,ungkapnya, Senin (30/11/2020).

Kendati surat suara rusak mencapai ratusan, jumlah surat suara yang masih bagus tidak berbeda jauh selisihnya dengan jumlah yang dibutuhkan di Wakatobi. Hal itu dikarenakan, surat suara yang dikirim ke Wakatobi setelah dihitung dengan surat yang rusak, ternyata lebih dari yang dibutuhkan.

“Kebutuhan kita sesuai DPT di setiap TPS ditambah 2,5 persen, sudah sesuai berita acara yakni 75.898 namun setelah disortir jumlah keseluruhan termasuk yang rusak berjumlah 76.667 surat suara”,jelasnya.

Ia melanjutkan, itu artinya, meskipun surat suara rusak sebanyak 841, selisih antara kebutuhan dengan jumlah surat suara yang masih bagus hanya 72 surat suara.

“Setelah ini kita akan buatkan berita acara bahwa yang kurang sesuai kebutuhan kita hanya 72 sedangkan surat suara yang sudah rusak kita pastikan akan dimusnahkan”,pungkasnya.

Surat suara yang telah disortir tersebut belum termasuk 1 pak surat suara cadangan dengan isi 2 ribu surat suara.

“Nanti ada PSU baru kita tau berapa jumlah yang akan dibutuhkan dari surat suara cadangan”, sebutnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten, Wakatobi, Abdul Rajab

Dihubungi terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi, Abdul Rajab mengungkapkan, surat suara yang rusak akan kembali disortir oleh komisioner KPU dan diplenokan mengenai berapa jumlah surat suara yang rusak.

“Selanjutnya, pendistribusian surat suara ke TPS akan dimulai pada H-3 pemilihan”,cetusnya via telpon, Senin (30/11/2020).

Sementara ini kata Dia, pihaknya masih menunggu kiriman dari KPU pusat untuk kelengkapan logistik.

“Semua sudah hampir rampung, tinggal beberapa item yang masih dalam proses pengiriman”,pungkasnya.

Laporan; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA