oleh

Indahnya Wakatobi! Sunset di Pembukaan Wave 2019 Pukau Penonton

Wakatobi,HarapanSultra.COM | Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Rizki Handayani dan tamu undangan lain terpukau melihat sunset di Marina Togo Mowondu Kabupaten Wakatobi yang bersamaan dengan pembukaan Wakatobi Festival and Expo 2019, Senin (11/11/2019).

Akibat Sunset, langit di Marina didominasi oleh warna Kuning Keemasan. Rizki Handayanipun mengungkapan pujian itu dihadapan ribuan penonton.

“Indahnya Wakatobi! Saya baru pertama kali menyaksikan pertunjukan tarian kolosal dan langsung menyaksikan pemandangan sunset yang seperti ini indahnya,”sebut Rizki Handayani.

Sunset Di Marina

Kilauan Sunset itu menunjukan pesonanya seakan seirama dengan lantunan musik yang mengiringi tarian kolosal. Selain Sunset itu, Bupati Wakatobi Arhawi beserta tamu undangan lainnya dihadapkan dengan atraksi budaya yang membuat semua penonton tercengang.

Pembukaan Wakatobi Wave 2019

Saat Mentari mulai condong kebarat, Wakatobi and Expo telah dimeriahkan oleh pertunjukan berbagai atraksi budaya. Beragam replika biota laut yang diperagakan pesertapun unjuk gigi. terdapat replika terumbu karang, kuda laut, kerang kima, bahkan replika kapal nelayan hadir ditempat itu.

Tradisi Kansoda’a yang dimiliki masyarakat Wakatobi juga turut ditampilkan. Tradisi ini merupakan bagian dari prosesi adat Kari’a (Khitanan). Di pembukaan Wakatobi Wave sebanyak 35 Kansoda’a ditandu para lelaki-lekaki perkasa. Di dalam Tempat yang ditandu tersebut terdapat perempuan yang baru beranjak dewasa dengan mengenakkan pakaian adat.

“Wakatobi baru saja berumur 15 tahun. lima tahun yang lalu festival ini kita sudah canangkan kemudian dari dulu hingga kini kami masih memiliki semangat untuk memajukan pariwisata,”ucap Arhawi.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA