oleh

Kelor Jadi Komoditi Unggulan Togo Binongko

Wakatobi, Harapansultra.com |Konsumsi Kelor dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah gizi, kanker dan stunting. Hal itulah yang mendorong masyarakat Togo Binongko menjadikan tumbuhan yang dapat hidup di daerah berbatuan ini menjadi komoditi unggulan.

Peresmian kelor sebagai komoditi unggulan Togo Binongko secara simbolis diresmikan oleh Bupati Wakatobi Arhawi bersama Ketua DPRD, Hamirudin, anggota DPRD Haerudin Buton, serta ratusan masyarakat pada gerakan revolusi hijau yang berlangsung di lapangan Togo Binongko, Sabtu, (8/2/2020).

Foto bersama pasca peresmian

Alasan Togo Binongko ditetapkan sebagai daerah komoditi unggulan diungkapkan oleh camat Togo Binongko Arifin. Ia mengatakan, kelor awalnya dipandang sebelah mata oleh masyarakat setempat. Namun setelah menggelar diskusi dan semakin mudahnya Masyakarat mengakses ilmu pengetahuan melalui internet. Pada akhirnya manfaat dari daun kelor dapat diketahui.

“Kelor salah satu tanaman yg tumbuh di pulau Binongko dan selama ini tidak diurus dan tumbuh secara alami. Pada dasarnya sebelum banyak yg beranggapan bahwa jika kita makan kelor akan timbul banyak penyakit padahal kelor ini banyak manfaatnya. Bahkan WHO itu menganjurkan untuk mengkonsumsi kelor karena dengan itu bisa mencegah gizi buruk. Selain itu juga sudah banyak para peneliti yang menemukan banyak manfaat dari kelor ini,”jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Arifin mengatakan, pada hari Sabtu yang juga menjadi hari peresmian kelor sebagai komoditi unggulan ini, Masyarakat Togo Binongko akan menerapkan one day no rice atau sehari tanpa nasi.

“Momen ini akan menjadi momen bersejarah karena yang kita lakukan hari ini akan berdampak generasi kita ke depan”cetusnya.

Masyarakat Togo Binongko

Bupati Wakatobi, Arhawi mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Togo Binongko. Dalam Pidatonya Ia mengatakan, akan mendukung penuh apa yang dilakukan masyarakat Togo Binongko dalam rangka menjadikan kelor sebagai komoditi unggulan. Katanya, dengan begitu masyarakat Wakatobi bisa menjadi daerah mandiri pangan.

“Saya berterima kasih kepada camat dan seluruh masyarakat Togo Binongko yang sama-sama telah menjadikan kelor sebagai komoditi unggulan,”ucapnya.

Setelah peresmian, bupati bersama seluruh rombongan menyaksikan hasil olahan kelor dari masyarakat setempat.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA