oleh

Kembalikan Kejayaan Keramik Dinoyo, Mahasiswa UMM Gelar Keramikopi Festival

Malang, HarapanSultra.COM | Puluhan penggiat kedai kopi dan photografer Malang hadir dan mengikuti lomba di acara Keramikopi Festival, bertempat di Pusat Perkopian Sudimoro, Kota Malang, Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2019).

Andrian selaku ketua pelaksana dan salah satu anggota dari iMage Creative Event mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu praktikum dari Mahasiswa Kelompok Studi Public Relations Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan Potensi Industri Malang pada Era 4.0.

Selain itu event yang juga didukung oleh Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM, Komunitas Taman Bermain dan Komunitas InstaNusantara diharapkan dapat mengembalikan masa kejayaan Keramik Dinoyo.

Keramikopi Festival merupakan puncak dari rentetan kegiatan dari iMage Creative yang bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan Dinoyo Keramik dengan Penggiat dan pengusaha Kedai Kopi di Malang Raya, dengan harapan selanjutnya banyak kedai kopi yang memilih Keramik Dinoyo untuk tableware dan dekorasi kedainya.

“Karena setelah kami riset, masih banyak sekali kedai-kedai Kopi yang memilih membeli tableware dari belanja Online dari luar Malang, harganya pun bisa dua kali lipat dari produk Dinoyo Keramik padahal kualitas dan modelnya sama. Sangat disayangkan selama ini mereka tidak mengenal Dinoyo Keramik.” Ungkap Andrian

Terlebih pertumbuhan jumlah Kedai Kopi di Malang yang sangat cepat, namun hal ini berbanding terbalik dengan pertumbuhan industri keramik yang ada di Dinoyo, Malang.

Kampung Industri yang dikenal dengan sebutan Kampung Keramik Dinoyo ini semakin lesu dan berkurang peminatnya. Kampung yang memiliki peninggalan pabrik keramik ini sebelumnya memiliki kurang lebih 55 home industri yang menjadi pengrajin keramik, namun saat ini hanya tersisa 4 pengrajin aktif.

“Hal ini menjadi keresahan bagi warga Dinoyo yang takut industri asli Malang ini nantinya akan terus meredup dan mati,” Bebernya

Salah satu cara mendekatkan Penggiat Kopi Malang dengan produk keramik dinoyo, pada Festival itu menggunakan tableware dan dekorasi dari Dinoyo Keramik pada seluruh bagian acara.

“Cangkir-cangkir yang digunakan barista-barista untuk berlomba di Fun Brewing pun menggunakan Dinoyo Keramik, Selain itu juga pada Lomba Fotografi, Peserta dibebaskan untuk berkreasi dengan objek-objek Dinoyo Keramik. tujuannya agar mereka merasakan langsung keunggulan Dinoyo Keramik,” Urainya

Soeharto, Ketua Paguyuban Pengrajin Keramik Dinoyo mengungkapkan Sebelum diadakan Keramikopi, Paguyuban dan Pengrajin Keramik Dinoyo telah diberikan pengetahuan-pengetahuan baru dan saling berkoordinasi untuk siap menerima pasar baru yaitu kedai-kedai kopi.

“Sebelumnya telah diadakan acara Rembug Bareng Paguyuban dan Warga Kampung Keramik dan juga Sinau Sesarengan yang ditargetkan untuk pemuda-pemuda yang siap meneruskan Dinoyo Keramik,” Tutur Soeharto

Menurutnya Event ini sangat berpengaruh pada Dinoyo Keramik, selain mengenalkan produk Dinoyo, event ini juga menyadarkan Pengrajin Keramik Dinoyo kalau pasar tidak hanya souvenir dan pesanan-pesanan lain, tapi juga ada Kedai-kedai Kopi.

“Saya yakin masih banyak masyarakat yang peduli produk lokal dan sadar potensi besar Dinoyo Ceramic,” Pungkasnya (Rls/tiwi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA