oleh

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana Membuka Perekrutan Penyelenggara Pilkada

Bombana, HarapanSultra, COM /  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia saat ini tengah melakukan perekrutan serentak untuk penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan. Khusus di Kabupaten Bombana, KPU membutuhkan 110 individu berintegritas untuk mengisi posisi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 429 orang yang tidak berafiliasi dengan partai politik untuk menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Hasdin Nompo, Ketua KPU Bombana, mengungkapkan bahwa di Bombana terdapat 22 kecamatan yang memerlukan 5 anggota PPK per kecamatan. “Untuk desa dan kelurahan, yang berjumlah 143, kami membutuhkan 3 anggota PPS per desa, sehingga total anggota PPS yang akan direkrut adalah 429 orang,” jelas Hasdin pada hari Selasa.

Proses rekrutmen PPK telah dimulai dengan periode pendaftaran yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 29 April. Sementara itu, pendaftaran PPS akan dibuka pada tanggal 2 Mei mendatang. Seluruh proses pendaftaran dilaksanakan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA). “Bagi yang tertarik, silakan mendaftar melalui aplikasi tersebut atau untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi KPU Bombana,” tegas Hasdin.

Syarat utama yang ditekankan oleh Hasdin adalah status kependudukan di Bombana, yang harus dibuktikan dengan identitas resmi. Selain itu, calon tidak boleh terdaftar sebagai anggota partai politik dan harus berusia minimal 17 tahun. Informasi lebih detail mengenai kualifikasi lainnya, termasuk syarat kesehatan dan pendidikan, dapat dilihat di SIAKBA.

Hasdin, yang juga merupakan mantan ketua Bawaslu Bombana, menambahkan bahwa PPK dan PPS yang terpilih akan mulai bertugas pada Mei 2024 dan akan berakhir pada Januari 2025, atau dua bulan setelah pelaksanaan Pilkada yang dijadwalkan pada bulan November.

“Namun, sebelum dinyatakan lulus dan dapat mulai bekerja, setiap pendaftar harus melewati serangkaian seleksi,” imbuhnya. Seleksi dimulai dari tahap administrasi yang dilakukan secara online, diikuti oleh tes tertulis menggunakan mekanisme Computer Assisted Test (CAT). Setelah itu, akan ada tes wawancara yang dilakukan oleh komisioner KPU. Barulah setelah itu, akan dipilih 5 orang per kecamatan dan 3 orang per desa/kelurahan.

Hasdin menghimbau kepada mereka yang berminat untuk segera mengakses SIAKBA guna memastikan persyaratan terpenuhi dan mendaftarkan diri sesegera mungkin.

https://bit.ly/PengumunanPendaftaranPPKPilkadaBombana2024

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA