oleh

KPU Muna Gelar Seleksi Tertulis Calon PPS, Diikuti 1.306 Peserta

-Harapan-11.503views

MUNA, Harapansultra.Com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara ( Sultra) menggelar  seleksi tertulis terhadap 1.306 orang calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bakal bertugas pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Muna tahun 2020, bertempat di Gedung SOR Laode Pandu, Rabu 4 Maret 2020.

Peserta yang mengikuti seleksi tertulis ini terdiri calon PPS dari 124 desa dan 26 kelurahan serta 22 kecamatan Se Kabupaten Muna.

Pantauan Harapansultra.Com Seleksi tertulis dimulai sekitar pukul 10.00 – 12.00 Wita, di awali dengan registrasi peserta sebelum masuk ke ruangan dan mendapat pengawasan ketat dari KPU dan Bawaslu Muna. Sejumlah aparat kepolisian juga disigakan.

Ketua KPU Kabupaten Muna, Kubais mengatakan, bentuk penyusunan soal pada Seleksi Tertulis ini adalah Pilihan Ganda yang terdiri dari 3 tipe soal yakni tipe soal A, B, dan C.

“Jadi semua yang tes ini disusun tiga jejer, itu tipe soalnya berbeda memang berdekatan duduknya, tapi model soalnya berbeda,” ucapnya.

Sedangkan pemeriksaan hasil tes tertulis lanjutnya dijadwakan selama tiga hari, yaitu dari 1.306 orang yang telah lulus administrasi akan diseleksi lagi menjadi 900 orang untuk mengikuti seleksi wawancara.

“Dari hasil tes wawancara yang akan diambil 450 orang dan tiap Desa 3 orang perwakilannya sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS),” Jelas Kubais.

Untuk itu ia berharap agar para peserta yang mengikuti seleksi tertulis dan seleksi wawancara nantinya, betul betul mengedepankan Integritasnya.

“Karna kemampuan intelektual dan verbal itu penting, tapi ada hal yang sangat penting bagi penyelenggara itu soal intergritas kalau sudah rusak susah diperbaiki,” Tegasnya

“Kalau profesionalitas itu soal pengalaman, soal aturan-aturan bisa dikembangkan melalui Bimbingan Teknis ( Bintek) nantinya,” Sambungnya.

Pewarta : Borju

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA