oleh

KPUD Bombana Sosialisasi Pemilihan Bupati Melalui Jalur Independen

-Harapan-1236views

Bombana,HarapanSultra, COM / Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bombana menggelar sosialisasi tentang Pemilihan Bupati (Pilbup) Bombana melalui jalur Independen (Non Partai), Acara ini berlangsung di salah satu warkop di Ibukota Kabupaten Bombana.Rabu (24/04/2024)

Pendaftaran calon independen akan dibuka pada tanggal 5 Mei 2024. Calon harus memenuhi salah satu syarat, yaitu mendapatkan dukungan dari 11.141 orang.

Hasdin Nompo,Ketua KPUD Bombana menjelaskan menetapkan bahwa dukungan calon independen Pilkada Bombana harus mencapai 11.141 orang. Alternatifnya, calon dapat memperoleh dukungan dari 12 Kecamatan dari total 22 Kecamatan yang ada di Bombana.

“Proses ini merupakan tahap awal dari pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bombana yang akan dilaksanakan pada 27 November mendatang.” Jelas Hasdin

Mantan Ketua Bawaslu Bombana tersebut menyatakan Persyaratan Sebaran Dukungan.Setiap calon independen juga wajib memenuhi sebaran dukungan minimal dari 12 Kecamatan, dengan persyaratan 50 persen plus 1 dari total kecamatan.

“Verifikasi Administrasi dan Faktual, Tahapan selanjutnya melibatkan verifikasi administrasi dan faktual untuk memastikan keabsahan dukungan yang diterima.” Urai Hasdin.

Sementara itu Desi Arisandi,salah satu komisioner KPU Menambahkan Sistem Informasi Pencalonan (Silon).Untuk mencegah kegandaan data, KPUD Bombana telah menyiapkan sistem informasi pencalonan (Silon).

” Sistem ini akan membantu dalam melihat kejanggalan data dukungan dan menjadi langkah penting dalam menjaga integritas dan keabsahan proses Pilkada Bombana tahun 2024.” Tutur Desi Singkat.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA