oleh

Lestarikan Kearifan Lokal, FORUM KESERASIAN SOSIAL (FKS) KADOLOKATAPI Lakukan Sarasehan Budaya Gotong Royong

Bau-Bau, Harapan Sultra. Com-Usai keciprat dana keserasian sosial dari Kementerian Sosial R.I, Dinas Sosial Kota Bau-Bau lakukan seresehan untuk melestraikan kearifan lokal di Kelurahan Kadolokatapi Kecamatan Wolio, Bau-Bau bersama Forum Keserasian Sosial (FKS) dari masyarakat setempat.

Acara yang digelar di Aula Kantor Kelurahan Kadolokatapi pada pekan kedua  Desember ini tepatnya Rabu (18/12/2019) lalu itu diangkat dengan tema “Pelestarian Kearifan Lokal/Budaya Akibat Dampak Teknologi “ yang ikut dihadiri oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Pihak Kelurahan, Unsur Dinas Sosial Kota Baubau, Kepolisian, Serta Ketua Forum Keserasian Sosial Kadolokatapi La Ode Sabaruddin.

 

Ketua FKS Kadolokatapi La Ode Sabarauddin  mengatakan tujuan diadakannya sarasehan ini adalah supaya masyarakat dapat mengingat kembali nilai-nilai budaya kita yang sejak dulu telah di bangun dengan sifat gotong royong oleh para leluhur.

“yang perlu dilanjutkan oleh para generasi sekarang, jangan karena adanya era moderenisasi dan era digitalisasi nilai-nilai gotong royong ini punah dan atau sudah tidak peduli lagi,” ujar sabaruddin.

Sementara itu tokoh agama setempat, Rajab mengatakan bahwa pembangunan mesjid yang berada di RW 01 / RW 02 Kelurahan Kadolokatapi juga dibangun atas swadaya masyarakat yang dikerjakan secara gotong royong.

Program keserasian sosial, yang dikucurkan dana bantuannya dari Kementerian Sosial R.I sangat bermanfaat sekali bagi lingkungan kami, dimana kami yang tinggal di lingkungan bukit selamat (Wakonti) sudah sangat merindukan sekali fasilitas atau sarana lapangan olah raga yang telah lama dinantikan kurang lebih 20 tahun, antara lain lapangan futsal, dan alhamdulillah dengan adanya bantuan dari program keserasian sosial ini fasilitas olah raga itu juga bisa dirasakan.

Dikesempatan itu, Pengurus Forum Keserasian Sosial Kelurahan Kadoilokatapi La Ode Sabaruddin mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang ada dilingkungan bukit selamat yang telah dapat membuktikan nilai-nilai gotong royong.

“Bentuk gotong royong inilah yang perlu dilestarikan secara turun temurun kepada generasi kita agar kita tidak lagi terpcah-belah oleh pihak-pihak yang tidak menginginkan kedamaian,” pungkasnya.

Laporan : Abady

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA